Pantai Boom

10 Tempat Wisata Pantai Banyuwangi Yang Paling Mempesona

10 Pantai Banyuwangi Paling Mempesona

Ada banyak sekali pantai Banyuwangi yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari yang berpasir putih dengan warna air laut hijau kebiruan, hingga pantai yang memiliki gulungan ombak besar yang ideal untuk pecinta surfing.

Banyuwangi sendiri adalah sebuah kabupaten yang terletak di ujung paling timur Pulau Jawa. Jika dari Denpasar, jaraknya sekitar 141 km atau sekitar 4 jam berkendara. Berhadapan langsung dengan Selat Bali rupanya membuat Banyuwangi menjadi surganya tempat wisata alam terutama wisata bahari.

Daftar Pantai Banyuwangi

Pulau Merah

Pulau Merah

Pulau Merah atau lebih populer dengan nama The Red Island Beach adalah salah satu pantai paling memukau yang ada di Banyuwangi. Letaknya ada di sebuah dusun kecil bernama Pancer yang ada di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran.

Pantai ini memiliki pasir lembut berwarna kecoklatan dan dengan garis pantai yang cukup panjang. Pemandangan paling menarik dari pantai ini adalah pulau kecil berbentuk seperti gunung yang tertutup vegetasi hijau. Saat air surut, para pengunjung bisa berjalan menyeberang dan melihat pulau ini dari dekat.

Ada dua versi mengapa pantai ini disebut Pulau Merah. Versi pertama adalah pulau kecil tadi memiliki tanah berwarna kemerahan, dan versi kedua karena pantai ini memiliki pemandangan matahari terbenam yang memukau dengan rona kemerahan.

Selain menjadi tempat ideal untuk berburu senja, pantai ini juga sangat cocok untuk melatih keterampilan berselancar karena ketinggian ombaknya yang mencapai 2 meter.

Pantai Wedi Ireng

Pantai Wedi Ireng

Bagi para wisatawan yang ingin memanjakan diri dengan berjemur sambil menikmati pemandangan eksotis pantai khas Pulau Jawa, Pantai Wedi Ireng adalah salah satu opsi paling tepat. Pantai ini berada di satu lokasi dengan Pulau Merah yaitu di Dusun Pancer. Jarak keduanya sekitar 3 km saja.

Baca Juga :  7 Tempat Keindahan Objek Wisata Tuban Paling Hits Saat Ini

Kata “wedi” merupakan bahasa Jawa yang jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia berarti “pasir”, dan “ireng” berarti “hitam”. Diberi nama demikian karena pasir pantai ini berasal dari campuran pasir vulkanik berwarna hitam dan pasir asli pantai yang berwarna putih.

Pantai bernuansa tenang ini sangat cocok untuk menikmati sunrise dan sunset, yang juga ideal untuk berenang, snorkeling, atau sekedar ingin relaksasi dengan bersantai di tepi pantai.

Pantai Sukamade

Pantai Sukamade

Pantai cantik ini berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri yang ada di Jalan Sukamade Nomor 99, Dusun Sukamande, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran. Jaraknya sekitar 97 km dari pusat kota Banyuwangi atau membutuhkan waktu berkendara sekitar 3-4 jam.

Perjalanan menuju pantai ini termasuk tidak mudah bahkan harus menyeberangi beberapa sungai, tapi di sepanjang jalan para pengunjung akan disuguhkan berbagai pemandangan indah mulai dari perkebunan dan hamparan sawah, hingga tebing-tebing batu alami dan pantai.

Jika datang saat malam hari, pengunjung bisa melihat penyu-penyu dari laut mendarat di pantai ini dan bertelur. Gerombolan penyu hijau biasanya akan tiba sekitar pukul 19.30 dan mulai kembali ke laut saat tengah malam.

Karena merupakan kawasan konservasi yang penting, pantai ini selalu dijaga sepanjang waktu dan dibangun penangkaran khusus penyu untuk memastikan keamanan telur-telurnya.

Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau

Masih dari Taman Nasional Meru Betiri, ada pantai menawan lain yang bernama Pantai Teluk Hijau. Wisatawan yang datang ke tempat ini bisa menikmati pemandangan menakjubkan berupa air laut berwarna biru kehijauan, pasir putih yang hangat, dan hutan hijau subur di sekitar pantai.

Objek wisata ini merupakan tempat sunyi yang tenang, bersih, dan sangat cocok untuk menenangkan diri. Terdapat juga aliran air yang menyerupai air terjun kecil dengan air yang segar untuk membersihkan diri setelah bersentuhan dengan air asin.

Baca Juga :  9 Tempat Kuliner Makanan Khas Gresik Yang Sedap Untuk Dicoba

Pantai Selanggrong

Pantai Selanggrong

Pantai Selanggrong atau dikenal juga dengan Teluk Banyu Biru adalah pantai Banyuwangi dengan pemandangan taman bawah laut yang sangat cantik.

Airnya jernih dan segar dengan warna biru kehijauan serta ada banyak terumbu karang sebagai rumah bagi sekelompok ikan warna-warni dan makhluk laut lainnya.

Tempat ini benar-benar sempurna untuk snorkeling, diving, berenang, dan berkano. Pemandangan daratnya juga tak kalah cantik karena pantai ini dikelilingi oleh tebing-tebing batu alami yang kokoh dengan pohon-pohon hijau yang menutupi permukaannya.

Jika ingin liburan ala pulau pribadi, pantai ini sangat tepat untuk dikunjungi karena tidak banyak pengunjung yang datang ke sini. Penyebabnya adalah lokasi yang terpencil dan cukup susah untuk dijangkau. Lokasi tepatnya di balik semenanjung Sembulungan Kecamatan Muncar di kawasan Taman Nasional Alas Purwo.

Pengunjung hanya bisa datang lewat jalur laut dan harus tiba di antara subuh hingga siang hari agar terhindar dari air pasang yang mendadak datang saat sore. Waktu paling ideal untuk memulai perjalanan adalah jam 2 pagi dan saat tiba di pantai akan disambut dengan pemandangan matahari terbit yang cantik.

Parang Ireng

Parang Ireng

Pantai yang satu ini memiliki pemandangan paling keren jika dilihat dari atas menggunakan drone. Pemandangannya merupakan perpaduan antara hamparan hutan hujan yang rimbun, garis pantai panjang, dan air laut yang jernih dengan deburan ombak biru.

Terdapat juga pemandangan unik berupa formasi batuan dan koral dalam campuran warna hijau, hitam, dan semburat kemerahan. Gabungan pemandangan ini akan memberikan para pengunjung panorama indah dengan sensasi sedang berada di dunia lain.

Pantai Plengkung

Pantai Plengkung

Masih dari kawasan Taman Nasional Alas Purwo, ada pantai yang disebut-sebut sebagai surga bagi para peselancar lokal dan mancanegara yaitu Pantai Plengkung, atau secara internasional lebih populer dengan nama G-land Beach.

Baca Juga :  13 Deretan Tempat Wisata Sidoarjo Yang Paling Menarik

Pantai ini terkenal karena memiliki tujuh gulungan ombak besar yang tingginya hampir 6 meter, yang merupakan idaman bagi semua peselancar profesional.

Pantai Trianggulasi

Pantai Trianggulasi

Pilihan pantai minim pengunjung lainnya adalah Pantai Trianggulasi yang ada di Dusun Kaliagung, Desa Kendalrejo, Kecamatan Tegaldlimo. Daya tarik pantai ini adalah hamparan pasir putih yang cantik dan air biru yang jernih dengan ombak cukup tinggi.

Ombak pantai ini relatif tidak aman untuk berenang dan berselancar, jadi para pengunjung yang datang harus puas hanya dengan berjemur, bermain pasir, dan berfoto atau merekam video.

Pantai Rajegwesi

Pantai Rajegwesi

Pantai ini merupakan kawasan teluk yang memiliki ombak halus sehingga cocok untuk berenang atau sekedar bermain air. Pantai ini cukup unik karena merupakan tempat penghubung bagi sejumlah pantai indah di Banyuwangi, seperti Teluk Hijau dan pantai Sukamade.

Akses jalan menuju pantai ini termasuk sudah bagus dan bahkan dengan pemandangan yang indah, seperti area perkebunan, bukit-bukit, dan rumah warga ada di sisi kanan kiri.

Pantai Boom

Pantai Boom

Para pengunjung yang datang ke pantai ini bisa menyaksikan Pulau Dewata dari kejauhan sambil berjemur di atas hamparan pasir berwarna hitam.

Tidak seperti pantai-pantai dalam daftar sebelumnya yang cukup sepi, pantai ini justru hampir tak pernah sepi karena sering dijadikan tempat perayaan berbagai event besar di Banyuwangi seperti Tari Kolosan Gandrung, Sewu Gandrung, dan Banyuwangi Jazz Festival.

Pilih satu atau lebih pantai Banyuwangi dalam daftar di atas untuk tujuan wisata Anda berikutnya. Masing-masing hadir dengan keindahan yang berbeda mulai dari warna pasir dan air, penyu-penyu yang datang saat malam hari, bahkan ada juga yang memiliki taman bawah laut super cantik.

Check Also

Surabaya North Quay

7 Tempat Wisata Surabaya Paling Rekomended Untuk Dikunjungi

Mencoba Pengalaman Paling Asyik di 7 Tempat Wisata Surabaya Paling Rekomended Anda akan berlibur ke …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *