Pacet Mini Park Mojokerto

11 Tempat Wisata di Mojokerto Kekinian yang Wajib Dikunjungi

Wisata di Mojokerto

Apabila Anda ingin berlibur di beberapa daerah di Pulau Jawa, sebaiknya pilih kota-kota kecil yang jarang terjamah tetapi memiliki sejumlah tempat wisata yang luar biasa keren. Misalnya tempat-tempat wisata di Mojokerto yang tak kalah serunya dengan tempat wisata di kota lain.

Mojokerto dikenal sebagai kota yang memiliki banyak sekali situs purbakala dengan nilai sejarahnya yang tinggi. Mojokerto juga selalu dijadikan destinasi wisata yang sangat sayang sekali jika dilewatkan. Bagi Anda yang berada di wilayah Malang/Pasuruan tentu tak asing dengan kota Mojokerto ini.

Tempat Wisata di Mojokerto yang Kekinian

Banyak sekali referensi tempat wisata sejarah yang menarik di Kota Mojokerto ini, yang bisa menjadi tujuan wisata Anda berikutnya seperti di bawah ini:

Fresh Green Trawas

Fresh Green Trawas

Tempat wisata yang ada di Mojokerto yang cukup terkenal adalah resh Green Trawas. Nama lain dari tempat wisata yang satu ini adalah Wisata Mendem Duren. Untuk bisa sampai di lokasi, diperlukan waktu sekitar 3 jam dari pusat kota.

Konsep yang dimiliki oleh tempat wisata ini adalah agrowisata, dengan agenda yang sangat menarik untuk dilakukan. Lokasinya berada di Desa Bantal dan sudah berdiri sejak tahun 2012.

Beragam jenis olahan durian bisa Anda peroleh di sini, atau melakukan kegiatan yang seru dan menyenangkan lainnya.

Candi Bajang Ratu

Candi Bajang Ratu

Jika dilihat sekilas, mungkin Anda tidak akan menyangka bahwa bangunan yang ada di tempat wisata ini adalah situs bersejarah yang bernama Candi Bajang Ratu. Hal itu disebabkan oleh bentuknya yang tidak mirip dengan candi pada umumnya.

Baca Juga :  7 Tempat Keindahan Objek Wisata Tuban Paling Hits Saat Ini

Dibandingkan dengan bentuk candinya, situs bersejarah ini memiliki bentuk bangunan yang lebih mirip dengan gapura. Tujuan dari pembangunan candi adalah sebagai tempat penghormatan, untuk Prabu Jayanegara.

Penjelasan mengenai tujuan pembangunan situs bersejarah ini, bisa dilihat di bagian kaki gapura relief Sri Tanjung. Anda juga bisa melihat gapura dengan ukuran atap yang cukup besar dan dibuat dari bahan batu bata merah.

Gaya arsitekturnya unik, sehingga berhasil menjadi daya tarik dan membuat para pengunjung penasaran.

PPLH Seloliman Trawas

PPLH Seloliman Trawas

Mojokerto juga memiliki PPLH atau Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup, yang merupakan tempat wisata edukasi. Tempat wisata yang satu ini buka setiap pukul 08.00 dan menjadi lokasi penelitian mengenai lingkungan hidup.

Tempat ini juga berkaitan dengan pengolahan sampah dan kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan. Ada banyak fasilitas menarik di sana seperti restoran, tempat outbond, penginapan dan lain sebagainya.

Candi Tikus

Candi Tikus

Nama tempat wisata ini sangat unik, karena diberi nama Candi Tikus.  Destinasi wisata bersejarah yang satu ini sangat populer, sehingga banyak wisatawan yang berasal dari berbagai daerah.

Awalnya lokasi ini adalah pemandian khusus untuk para raja di masa lampau, yang kini menjadi tempat wisata sejarah. Masyarakat setempat percaya bahwa Candi Tikus juga pernah menjadi tempat pemujaan bagi agama Hindu di masa lalu.

Banyak juga sisa-sisa reruntuhan bangunan di sekitar kawasan tempat wisata Candi Tikus ini. Sisa reruntuhan bangunan itu menyerupai puncak Gunung Mahameru. Daya tarik utama dari candi ini adalah taman yang ada di sekitarnya.

Taman dengan beragam jenis hiasan tanaman hijau dan juga rumput segar, yang memberikan angin sejuk bagi para pengunjung.

Coban Canggu

Coban Canggu

Tempat wisata yang satu ini berupa coban dengan aliran airnya yang jernih, dan menjadi daya tarik utama dari tempat wisata tersebut. Bagi Anda yang ingin melepas penat dan menenangkan pikiran di Mojokerto, bisa datang ke Coban Canggu tersebut.

Baca Juga :  7 Pesona Keindahan Wisata Pantai Malang Selatan Terpopuler

Terdapat ornamen dinding tebing yang unik di tempat wisata Coban tersebut. Lingkungan yang asri dan hawa sejuk dari pegunungan juga mampu memberi efek yang menenangkan. Harga tiket masuk ke Coban Canggu sangat murah, tetapi fasilitasnya cukup memadai.

Candi Brahu

Candi Brahu

Candi yang paling tua di Mojokerto adalah Candi Brahu, dengan tinggi sekitar 27 m. Candi ini diperkirakan sudah dibangun di masa pemerintahan Raja Empu Sendok. Pada saat Anda berwisata ke Candi Brahu, Anda bisa menemukan jejak dari 2 kerajaan besar di Jawa.

Kerajaan tersebut yaitu Majapahit dengan Kahuripan. Jangan heran jika Anda menemukan sesajen di pintu candi, ketika akan memasuki candi. Sesajen itu memang sengaja disimpan di sana oleh masyarakat setempat.

Sesajen yang ada di sekitar candi itu memberi kesan mistik tersendiri, menegangkan, tapi juga membuat para wisatawan penasaran dan ingin masuk ke sana.

Air Terjun Surodadu

Air Terjun Surodadu

Wisata alam lainnya di Mojokerto yang bisa Anda coba datangi adalah Air Terjun Surodadu. Tingginya sekitar 15 m dan merupakan tempat wisata baru, yang akan melengkapi perjalana wisata Anda selama di Kota Mojokerto.

Pemandangan alam sebelum Anda sampai di air terjun juga sangat indah, dan menyejukkan. Lokasi wisata yang satu ini juga bisa dijadikan tempat untuk hunting foto. Gemericik lembut dari air terjunnya, berada diantara bebatuan yang tersusun dengan alami.

Museum Trowulan

Museum Trowulan

Museum yang satu ini menjadi museum yang wajib dikunjungi jika Anda berada di Mojokerto. Beragam prasasti sejarah yang berasal dari Kerajaan Majapahit bisa Anda temukan di Museum Trowulan.

Anda juga bisa menyaksikan secara langsung koleksi prasastinya, yang berjumlah kira-kira 80 ribu prasasti.

Pacet Mini Park Mojokerto

Pacet Mini Park Mojokerto

Taman rekreasi keluarga yang satu ini mampu memberikan sensasi liburan yang seru dan menyenangkan. Anda bisa melihat langsung pemandangan alamnya yang sejuk dan asri. Tak hanya berenang, tapi banyak kegiatan seru lainnya yang bisa Anda lakukan di sana.

Baca Juga :  10 Tempat Wisata Pantai Banyuwangi Yang Paling Mempesona

Misalnya bermain flying fox, mencoba wahana permainan ATV, bumper boat, dan sebagainya. Tak hanya pengunjung atau wisatawan lokal saja, tetapi banyak juga wisatawan yang berasal dari luar kota yang datang ke sana.

Makam Troloyo

Makam Troloyo

Tak hanya berwisata sejarah saja, tetapi Anda juga bisa mencoba wisata religi dengan mengunjungi Makam Troloyo.

Tempat wisata religi dan budaya yang satu ini merupakan tempat peristirahatan Sunan Ampel, atau yang dikenal dengan nama Syekh Sayyid Muhammad Jumadil. Ia merupakan salah satu tokoh penting dan berpengaruh dalam penyebaran agama Islam.

Tak hanya makam Sunan Ampel saja, tetapi banyak juga makam dari tokoh-tokoh penting lainnya. Area makam tersebut juga menjadi tempat peristirahatan terakhir dari Syekh Maulana Ibrahim, Syekh Abdul Qodir Jailani Sini, dan Syekh Maulana Skah.

Selain dijadikan tempat berziarah, lokasi makam tersebut juga dijadikan tempat berlangsungnya upacara budaya.

Api Abadi Mojokerto

Api Abadi Mojokerto

Satu lagi tempat wisata unik di Mojokerto yaitu Api Abadi Mojokerto. Objek wisata ini dianggap menarik karena memiliki nyala api yang selalu menyala dan tidak pernah padam.

Sumber api ditemukan sejak tahun 1993 dan konon katanya, memang sudah menyala sejak zaman Kerajaan Majapahit. Akses untuk sampai di Api Abadi ini mudah, hanya sekitar 3 Km dari pusat kota.

Masih banyak objek wisata di Mojokerto lainnya yang lebih menarik, yang bisa Anda kunjungi dan menjadi destinasi wisata favorit.

Check Also

Hill Outdoor Park

7 Destinasi Liburan yang Menarik di Pacet Mojokerto

Pacet Mojokerto Pacet Mojokerto merupakan daerah wisata di Jawa Timur yang menarik dikunjungi saat liburan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *