Kerajinan Bambu

12 Oleh-Oleh Malang Paling Terkenal Yang Harus Dibawa Pulang

12 Oleh-Oleh Malang Paling Terkenal

Malang menjadi salah satu kota paling terkenal di Tanah Air karena banyak hal, mulai dari udara yang sejuk hingga banyaknya tempat wisata menarik untuk mengisi liburan. Kota ini juga menawarkan wisata kuliner dengan aneka cita rasa dan berbagai oleh-oleh Malang yang menarik untuk dibawa pulang.

Daftar Oleh-Oleh Malang

Inilah 12 hal menarik dari kota Malang yang wajib Anda beli sebagai oleh-oleh untuk diri sendiri atau untuk keluarga di rumah:

Topeng Malangan

Topeng Malangan

Selain dipenuhi dengan berbagai objek wisata buatan dan beragam keindahan alam, Kota Malang juga memiliki banyak karya seni dari nenek moyang dan salah satunya adalah Topeng Malangan.

Lebih dari sekedar seni, topeng khas Kota Malang ini rupanya memiliki nilai budaya di dalamnya dan konon sudah mulai dibuat sejak zaman kerajaan Kanjuruhan atau sekitar tahun 847 Masehi.

Anda bisa menemukan pusat pembuat topeng ini di Sanggar Seni Asmorobangun di sebuah dusun bernama Kedungmonggo yang ada di Desa Karangpandan, Kecamatan Pakisaji. Dusun ini terletak di kaki Gunung Kawi yang berada sekitar 10 km dari pusat kota Malang.

Kerajinan Bambu

Kerajinan Bambu

Saat Anda membeli kerajinan bambu, maka Anda tidak hanya membeli sebuah oleh-oleh artistik tapi juga berpartisipasi dalam kampanye ramah lingkungan.

Pusat kerajinan bambu ini ada di Kelurahan Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, tepatnya di Jalan Ikan Tombro dengan nama tempatnya adalah “Kerajinan Bambu Mekar Sari”.

Para pengrajin hanya menggunakan kayu bambu alami untuk membuat berbagai kerajinan yang cantik dan unik, seperti gantungan kunci, asbak rokok, miniatur bangunan, dan sebagainya.

Baca Juga :  7 Rekomendasi Kuliner Salatiga Paling Khas dan Wajib Untuk Dicoba

Kerajinan Gerabah

Kerajinan Gerabah

Contoh kerajinan lain yang cocok dijadikan oleh-oleh saat liburan di Kota Malang adalah gerabah. Benda ini juga bisa Anda jadikan koleksi di rumah atau dijadikan sebagai hadiah.

Para pengrajin gerabah di Kampung Gethakan, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang membuat kerajinan ini secara tradisional dengan ilmu turun temurun dari nenek moyang. Tak hanya laris di kalangan wisatawan lokal, kerajinan yang satu ini rupanya juga banyak diburu oleh para wisatawan asing.

Keramik Dinoyo

Keramik Dinoyo

Oleh-oleh Malang yang satu ini sangat cantik dan artistik serta cocok untuk menghias rumah, yang juga sempurna untuk diberikan sebagai hadiah kepada teman atau saudara.

Bentuk keramiknya sendiri ada bermacam-macam, mulai dari piring, vas, guci, hingga aneka bentuk hiasan meja dan dinding.

Setiap ukiran dari keramik ini dibuat secara tradisional oleh tangan para pengrajin, yang membuat keorisinilan dan nilai seninya semakin tinggi. Anda bisa berburu keramik Dinoyo di kawasan Jalan MT Haryono Malang tepatnya di deretan ruko-ruko souvenir.

Batu Cobek

Batu Cobek

Jika Anda ingin memberikan oleh-oleh untuk ibu di rumah, istri, saudara perempuan, atau nenek, Anda bisa membeli batu cobek yang terkenal sebagai kerajinan dari Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Malang.

Oleh-oleh yang satu ini dijamin tahan lama dan tidak akan mubazir, karena penerimanya bisa menggunakannya untuk membuat sambal atau menghaluskan berbagai rempah-rempah lain saat memasak.

Kaos Khas Malang

Kaos Khas Malang

Jika batu cobek terlalu berat dan merepotkan untuk dibawa pulang, maka Anda bisa membeli oleh-oleh yang lebih ringan namun juga pasti bermanfaat yaitu kaos khas Malang.

Kaos original kota ini berlabel Rendam Ngalam, yang bisa Anda temukan di toko resmi Soak Ngalam di Jalan Kawi Atas Nomor 24, Kelurahan Gading Kasri, Kecamatan Klojen.

Batik Malang

Batik Malang

Negara ini terkenal dengan batik dan setiap orang bisa dengan mudah menemukannya di berbagai daerah termasuk di Kota Malang. Ciri khas dari corak batik kota ini adalah menggunakan warna-warna yang cerah, dan nama batik yang paling terkenal adalah Malang Kucecwara.

Baca Juga :  9 Jajanan Kue Khas Yogyakarta yang Rasanya Lezat Untuk Disantap

Anda bisa mendapat batik khas Malang dengan harga lebih murah jika datang langsung ke sentra pembuat batik Desa Klojen yang ada di Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Jangan khawatir jika tidak sempat untuk datang ke desa karena Anda bisa dengan mudah menemukan batik Malang di sejumlah toko oleh-oleh di pusat kota Malang.

Kerajinan Kayu Wijaya

Kerajinan Kayu Wijaya

Salah satu dari 12 daftar oleh-oleh Malang lain yang menarik untuk dibeli adalah kerajinan kayu yang berpusat di Desa Mojorejo. Anda bisa membeli miniatur vespa, asbak, pot bunga mini, miniatur kuda, bingkai foto, patung mini, pajangan dinding, dan banyak lagi.

Tak hanya populer di Indonesia, kerajinan kayu Wijaya ini juga telah dipasarkan ke luar negeri seperti ke Korea dan Jepang lho. Jadi jika Anda tidak bisa menemukan Desa Mojorejo, Anda bisa dengan mudah menemukan kerajinan tangan ini di berbagai toko souvenir yang ada di Kota Malang.

Miniatur Landmark

Miniatur Landmark

Jika Anda ingin mengenang atau membawa pulang cita rasa Malang ke rumah Anda, maka Anda bisa membeli miniatur landmark sebagai oleh-oleh. Saat berkunjung ke sebuah kota, Anda pastinya akan menemukan beberapa tempat yang menjadi ciri khas dari kota tersebut.

Begitu juga saat di Malang, Anda akan melihat beberapa tempat khas seperti Tugu Malang yang ada di Jalan Tugu, Kelurahan Kidul Dalem, Kecamatan Klojen. Tugu ini dijadikan miniatur landmark oleh para pengrajin agar bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh para wisatawan.

Sari Apel

Sari Apel

Jika ingin membawa cita rasa khas Malang yaitu buah apel tapi dalam bentuk yang berbeda, maka Anda bisa membeli minuman sari buah apel dengan merk Siiplah.

Minuman ini bisa dengan mudah Anda temukan di hampir seluruh toko oleh-oleh khas Malang, baik di kawasan agrowisata, pusat kota, atau bahkan pinggiran kota.

Baca Juga :  12 Tempat Wisata Pantai Tuban Yang Kekinan & Terhits Saat Ini

Keripik Buah

Keripik Buah

Tak hanya dibuat menjadi minuman, masyarakat Malang juga mengolah buah apel menjadi camilan ringan berupa keripik buah lho.

Tapi bukan keripik apel saja, Anda juga bisa menemukan keripik buah lain seperti nanas dan melon. Sama seperti sari apel tadi, Anda bisa menemukan keripik buah di hampir seluruh pusat oleh-oleh Malang.

Malang Strudel

Malang Strudel

Ingin oleh-oleh yang lebih kekinian? Maka Anda bisa membeli kue strudel khas Malang yang hadir dengan lebih dari 20 varian rasa. Anda bisa memilih diantara rasa jeruk, apel, nanas, almond, coklat, stroberi, karamel, mangga, keju, atau durian.

Anda juga bisa memilih rasa yang lebih unik seperti apple almond, taro, mix fruit, choco peanut, peach cheese, green tea, choco cheese, red velvet, kurma, atau choco banana.

Strudel sendiri adalah jenis kue berlapis dengan cita rasa manis dan ada isi serta toppingnya. Kue dengan lapisan kering ini sudah populer sejak abad ke-18 di seluruh Kekaisaran Habsburg dan konon berasal dari negara Timur Tengah.

Jika Anda adalah pecinta makanan manis terutama kue kering, Anda akan menyukai kelezatan dari Malang Strudel ini. Harganya variatif tergantung rasa, kisarannya dari Rp 48.000 – Rp 75.000.

Gerai dari Malang Strudel sendiri ada banyak, mulai dari kawasan Singosari, daerah Kebon Agung dan Kecamatan Batu, hingga depan RS Lavalette dan kawasan Jalan Borobudur Malang.

Jika Anda sedang merencanakan liburan ke Kota Malang, jangan lupa untuk membawa salah satu atau beberapa oleh-oleh Malang dalam daftar di atas ya. Anda bisa memilih makanan sebagai oleh-oleh paling simpel, atau beli barang untuk oleh-oleh yang lebih awet dan dijamin bermanfaat.

Check Also

Pantai Boom

10 Tempat Wisata Pantai Banyuwangi Yang Paling Mempesona

10 Pantai Banyuwangi Paling Mempesona Ada banyak sekali pantai Banyuwangi yang menarik untuk dikunjungi, mulai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *