Pura Jala Siddhi Amerta

13 Deretan Tempat Wisata Sidoarjo Yang Paling Menarik

Deretan Tempat Wisata Sidoarjo yang Wajib untuk Dijelajahi

Berbicara mengenai daerah Sidoarjo, tentu Anda masih teringat tentang bencana semburan lumpur Lapindo yang menghabiskan permukiman penduduk wilayah tersebut. Bahkan, wacana menjadikan lumpur Lapindo sebagai tempat wisata Sidoarjo sempat menjadi pro-kontra.

Terlepas akan hal itu, Sidoarjo menyimpan banyak tempat wisata menarik dan indah yang bisa untuk Anda jelajahi sembari melepas penat dan mencari keseruan. Suguhan wisata alam, sejarah, dan edukasi semua tersedia bagi pengunjung.

Deretan Tempat Wisata Sidoarjo Paling Menarik

Jika Anda masih bingung dan mencari tahu, destinasi wisata mana saja yang hendak dikunjungi ketika berkunjung ke Sidoarjo, berikut ini sederet suguhan tempat wisata Sidoarjo yang wajib untuk Anda jelajahi di antaranya:

Wisata Lumpur Lapindo

Wisata Lumpur Lapindo

Semburan lumpur Lapindo yang dahulu sempat menjadi bencana, kini telah bangkit dan dialihkan menjadi salah satu tempat tujuan wisata di Sidoarjo. Cukup dengan tiket masuk Rp 5.000,- Anda sudah mampu membayar rasa penasaran tentang tragedi yang terjadi di lautan lumpur ini.

Pulau Sarinah

Pulau Sarinah

Masih dekat dengan Lapindo, Anda bisa mengunjungi pulau eksotis yakni Sarinah. Pulau yang terbentuk dari hasil sedimentasi akibat semburan panas lapindo ini, kini banyak ditumbuhi pohon bakau dan tanaman lain sehingga menjadi hijau dan asri untuk disinggahi.

Transportasi untuk menuju Pulau Sarinah, bisa dijangkau menggunakan perahu dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit dan bisa Anda dapat melalui Paket Wisata yang tersedia di Desa Tlocor, Sidoarjo ini.

Baca Juga :  7 Destinasi Liburan yang Menarik di Pacet Mojokerto

Museum Mpu Tantular

Museum Mpu Tantular

Jika Anda ingin mendapat sentuhan edukasi dalam perjalanan wisata Anda, maka Museum tertua di Sidoarjo yakni Mpu Tantular ini bisa menjadi rekomendasi untuk Anda kunjungi. Sekitar 3,5 km dari alun-alun Sidoarjo, museum ini beralamat di Jalan Buduran, Kota Sidoarjo.

Sesampainya di dalam, Anda akan dikenalkan tentang asal usul dari sisi sejarah dan geologis Kabupaten Sidoarjo hingga benda-benda bersejarah lainnya. Cukup membayar tiket murah Rp 5.000,- saja, museum ini buka setiap hari pada pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB.

Suncity Waterpark

Suncity Waterpark

Beralih ke wahana wisata air, Suncity Waterpark ini merupakan tempat wisata paling favorit dan ramai dikunjungi di antara waterpark lainnya. Banyak wahana yang tersedia seperti air mancur, dragon sliding, lazy river dan mandi busa.

Bagi yang mengajak balita, waterpark ini menyediakan kolam bayi yang aman. Lokasinya berada di Jalan Pahlawan No.1 Sidoarjo dengan jam buka pukul 08.00 hingga pukul 18.00. Biaya masuk Rp 25.000,- saat hari kerja dan Rp 30.000,- saat libur atau akhir pekan.

Kebun Coklat Balongbendo

Kebun Coklat Balongbendo

Tempat wisata Sidoarjo berikutnya, cocok untuk dikunjungi bagi Anda pecinta makanan coklat. Meskipun menggunakan nama kebun coklat Balongbendo, namun sebenarnya ini lebih mengarah ke kafe yang menggunakan konsep ala kebun coklat, sehingga memiliki daya tarik tersendiri.

Lokasi kebun coklat ini tepatnya di Desa Penambangan RT 12/RW 13 dengan menu enak lainnya yang bisa Anda coba seperti mie gobyor, mie cower dan banyak lainnya.

Pura Jala Siddhi Amerta

Pura Jala Siddhi Amerta

Tak perlu jauh ke Bali hanya untuk berfoto di depan Pura, karena Sidoarjo juga memiliki Pura Jala Siddhi Amerta. Selain untuk wisata religi, wawasan Anda pun juga akan bertambah jika mengunjungi Pura yang beralamat di Jalan Juanda ini.

Alas Prambon

Alas Prambon

Wahana wisata alam ini cocok sekali untuk anak-anak karena dilengkapi dengan fasilitas yang dapat memberikan edukasi, melatih kecerdasan, ketangkasan fisik serta mental anak.

Baca Juga :  7 Rekomendasi Tempat Wisata Malang Yang Menarik & Hits

Tak hanya itu, kedekatan dengan alam juga akan semakin terjalin dengan disediakannya perkebunan, perikanan, dan peternakan yang semakin menambah keseruan. Alas Prambon dibuka setiap hari pada pukul 07.00 sampai dengan 22.00 WIB.

Pantai Kepetingan

Pantai Kepetingan

Mungkin, sebagian orang belum tahu jika ternyata Sidoarjo juga menyimpan wisata pantai. Pantai Kepetingan menawarkan pemandangan alam indah dengan pasir yang lembut serta wisata hutan bakau yang tak jauh dari lokasi.

Lokasi Pantai Kepetingan ini tepatnya ada di Desa Sawohan, Kec, Buduran. Menariknya, tempat wisata ini buka selama 24 jam lengkap dengan fasilitas mulai dari warung yang boleh Anda hampiri, lahan parkir dan gazebo untuk bersantai.

Kampung Batik Jetis

Kampung Batik Jetis

Batik yang menjadi kain asli Indonesia ini, juga tak luput dilestarikan oleh pengrajin batik yang sudah ada sejak tahun 1675 di Kampung Batik Jetis, Jalan Diponegoro Lemahputro ini.

Setelah berwisata, Anda bisa membeli oleh-oleh produk kain batik khas Sidoarjo ini dengan harga yang bervariasi, mulai dari batik standart seharga Rp 150.000 sampai batik istimewa yang dihargai jutaan rupiah.

Taman Abhirama

Taman Abhirama

Tak hanya di kota Surabaya, Sidoarjo juga memiliki taman hijau terbuka salah satunya yakni Taman Abhirama. Lokasinya berada di Pagerwojo, Buduran dilengkapi fasilitas umum, seperti tempat duduk, gazebo, air mancur hingga playground untuk anak-anak.

Bagi Anda yang suka hunting foto, tersedia bangunan rumah yang unik serta cukup hits bagi kalangan millenials yakni rumah kayu. Karena merupakan taman milik pemerintah, ruang terbuka hijau ini dibuka secara gratis namun waktu berkunjung dibatasi dari pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

Pasar Malam Gading Fajar

Pasar Malam Gading Fajar

Bisa dikatakan, pasar malam ini merupakan Malioboro-nya Sidoarjo. Pasar malam yang buka secara permanen di lokasi Perumahan Taman Pinang, Gading Fajar ini hanya buka pukul 16.00 hingga pukul 23.30 saja.

Baca Juga :  7 Destinasi Wisata Gresik yang Recommended & Cocok Untuk Liburan

Namun di hari Minggu, pasar ini beroperasi dari pukul 04.30 hingga 11.00 WIB. Pastikan Anda bisa merasakan sensasi di pasar tradisional yang menyediakan berbagai macam kebutuhan rumah tangga, pakaian hingga oleh-oleh ini seperti berbelanja di Malioboro, Jogja.

Legok Asri Sukolegok

Legok Asri Sukolegok

Salah satu wahana wisata yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga yakni Legok Asri Sukolegok. Memiliki luas 3 hektar, Anda bisa berpetualang bebas dengan mencoba berbagai wahana outbound, kolam renang, kolam pancing hingga area khusus untuk bermain anak-anak.

Untuk masuk kawasan ini Anda akan dikenai tarif Rp 10.000,00 namun jika nantinya Anda hendak menggunakan fasilitas lainnya yang tersedia maka akan ada biaya tambahan. Tempat wisata ini buka pada setiap hari biasa pukul 09.00 sampai pukul 22.00 WIB.

Kali Porong

Kali Porong

Selain berfungsi sebagai pengairan untuk masyarakat setempat, Kali Porong yang bermuara hingga ke Pulau Sarinah ini ditetapkan juga sebagai objek wisata kawasan Sidoarjo. Meski merupakan sungai, cukup banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di tempat ini.

Menyusuri tepian sungai, menikmati matahari terbit hingga terbenam maupun menyalurkan hobi memancing, semua bisa dilakukan di sungai ini. terdapat juga aktivitas yang cukup menarik yakni wisata buaya.

Mungkin ini terdengar berbahaya, tapi tak perlu khawatir karena akan ada pawang buaya yang memang ditugaskan untuk mengawasi dan mengendalikan situasinya. Kawasan ini dibuka tanpa batas waktu dan biaya, namun Anda perlu membayar kisaran Rp 15.000,- jika ingin naik perahu.

Sederet tempat wisata Sidoarjo tersebut sangat menarik untuk dijelajahi, bukan? Pastikan Anda sudah menyusun rencana dan menentukan destinasi wisata terbaik untuk dikunjungi agar momen liburan Anda semakin menyenangkan.

Check Also

Pantai Ria

7 Destinasi Wisata Gresik yang Recommended & Cocok Untuk Liburan

7 Destinasi Wisata Gresik yang Recommended Untuk Liburan Selain terkenal akan produksi semennya, tahukah Anda? …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *