Kampung Nagorak

4 Tempat Wisata Sumedang Paling Populer & Kekinian

Ragam Wisata Sumedang, Salah Satu Destinasi Favorit Provinsi Jawa Barat

Indonesia memang terkenal dengan keberagaman hal di setiap kotanya, mulai dari kebudayaan, kuliner, hingga tempat wisata. Semua itu tentu mempunyai keunikan tersendiri yang sayang untuk Anda lewatkan, salah satunya adalah wisata Sumedang yang didominasi oleh wisata alamnya yang sangat mengagumkan.

Pada zaman dahulu, tepatnya saat memasuki tahun 1960-an, Sumedang pernah mendapatkan julukan sebagai Kota Beludru. Julukan tersebut diberikan karena Sumedang merupakan kota yang sangat terjaga kebersihannya dibandingkan dengan kota-kota lainnya di Indonesia pada saat itu.

4 Wisata Sumedang Paling Populer

Sumedang menjadi kota yang menyimpan spot-spot terbaik dan mengundang para wisatawan lokal dan interlokal untuk terus mengunjungi. Bahkan, deretan wisata yang ada pun tak kalah dari Kota besar di Jawa Barat lainnya.

Berikut ini terdapat rekomendasi tempat wisata populer di kota Sumedang yang dapat Anda jadikan referensi untuk berlibur ketika mempunyai banyak waktu luang.

Situ Biru Cilembang

Situ Biru Cilembang

Situ Biru Cilembang merupakan danau alami yang berkawasan di Hariang, Buahdua. Sama seperti namanya, warna air pada danau ini adalah biru dengan kejernihan yang mampu menampakkan bagian dasar permukaannya.

Keindahan Situ Biru Cilembang disebabkan adanya bebatuan dan dedaunan hijau yang rindang dan mengelilingi sekitar danau. Tidak heran, jika banyak wisatawan mengabadikan momen melalui swafoto dengan latar belakang birunya air Danau Situ Biru Cilembang.

Sebenarnya, danau ini terbentuk dari hasil perkumpulan mata air yang berada di sebuah kubangan besar. Sehingga menciptakan danau dengan warna air jernih bak di lautan lepas. Namun kini, kondisinya dikhawatirkan karena banyak para pengunjung yang tak mematuhi aturan.

Baca Juga :  10 Tempat Wisata Lembang Yang Paling Populer Saat Ini

Aturan tersebut adalah para pengunjung dilarang untuk berenang. Meskipun jernihnya air di danau tersebut mendorong banyak orang untuk menyelam dan menyusurinya, akan tetapi aturan ini demi menjaga kebersihan dan keaslian warna dari Danau Situ Biru Cilembang.

Namun, ada satu hal menarik ketika Anda ingin mengunjungi tempat wisata yang satu ini, yakni jangan mengunjunginya saat di hari Jumat dan Selasa. Masyarakat sekitar percaya jika di dua hari tersebut, warna biru cerah dari Dauan Situ Biru Cilembang mengalami pengubahan warna.

Untuk mengunjungi Danau Situ Biru Cilembang sebenarnya cukup mudah, yakni dari kota Sumedang, Anda bisa langsung menuju ke Desa BuahDua. Saat menuju ke tempat wisata ini, pastikan menggunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman karena Anda akan melakukan trekking.

Anda tidak dipungut biaya sedikit untuk mengunjungi Danau Situ Biru Cilembang, akan tetapi hanya dikenakan biaya sebesar Rp2.000 untuk membayar parkir kendaraan di luar kawasan tempat wisata ini.

Kampung Nagorak

Kampung Nagorak

Apakah Anda gemar melakukan kegiatan camping (berkemah) dan mencari tempat terbaik untuk melakukannya? Jawabannya adalah di Kampung Nagorak. Iya, lokasi wisata yang berada di Desa Margamekar ini menawarkan fasilitas berkemah di atas perbukitan. Wah, menarik sekali, ya?

Karena lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota Sumedang, maka saat berada di puncak perbukitan, Anda akan melihat keindahan bangunan dan lampu kota Sumedang dari kejauhan. Terlebih lagi saat malam hari, kerlap kerlip cahaya lampu kota menjadi pemandangan yang indah.

Kampung Nagorak sangat cocok untuk Anda yang gemar beraktivitas di luar ruangan dan ingin mendapatkan sensasi menyatu dengan alam melalui kegiatan berkemah. Suasananya yang sejuk dikarenakan ketinggian perbukitan di Kampung Nagorak mencapai 1,060 mdpl.

Baca Juga :  7 Destinasi Wisata di Garut Paling Populer dan Wajib Dikunjungi

Karena antusiasme para pengunjung terhadap Kampung Nagorak, maka pemerintah menyediakan tempat penginapan berupa rumah pohon. Uniknya, Anda tidak akan diberikan pelayanan saat menginap di sini, sehingga dibutuhkan kemandirian dan inisiatif untuk melayani diri Anda sendiri.

Di setiap rumah pohon, para pengunjung disediakan berbagai macam kebutuhan yang dapat digunakan, seperti alat pancing dan peralatan memasak. Pihak pengelola menyediakan kolam ikan dan kegiatan olahraga menarik seperti flying fox, berkebun, hingga beternak sapi.

Untuk memasuki kawasan Kampung Nagorak, Anda hanya dikenakan biaya Rp1.000 saja, akan tetapi dikenakan biaya jika menginap dan menggunakan fasilitas yang disediakan. Rute menuju Kampung Nagorak dapat ditempuh sejauh 6 KM dari pusat kota Sumedang.

Kampung Toga

Kampung Toga

Berlokasi di Jalan Makam Cut Nyak Dien, Desa Sukajaya, Kampung Toga menawarkan keunikan kepada para wisatawan, yakni kawasan yang ditumbuhi dengan apotek hidup. Jika menelisik dari namanya, Kampung Toga merupakan singkatan dari Tanaman Obat Keluarga (Toga).

Anda tidak hanya menikmati suasana alam asri di Kampung Toga saja. Lebih dari itu, Anda bisa mengetahui dan mempelajari secara langsung bagaimana proses pertumbuhan tanaman herbal yang akan dijadikan obat alami. Tidak heran jika Kampung Toga dikenal dengan kawasan edukasi.

Sebagai salah satu wisata Sumedang terbaik, Kampung Toga juga menyediakan wisata air yang tentunya sayang untuk Anda lewatkan saat berada di sana. Wisata airnya pun terbagi menjadi empat jenis, yakni kolam renang keluarga, rekreasi, prestasi (tempat latihan atlet), dan terapi (kesehatan).

Jika Anda mengajak keluarga (khususnya anak-anak) dan ingin melakukan kegiatan menantang adrenalin, Kampung Toga menyediakan fasilitas outbond seperti flying fox dan olahraga air seperti arum jeram, mengayuh sepeda di pegunungan, hingga kegiatan udara seperti paralayang.

Baca Juga :  7 Tempat Wisata di Bandung Barat Bernuansa Alam

Untuk tempat menginap para wisatawan, para wisatawan disediakan villa/cottage dengan berbagai macam tipe, seperti Kenari, Ayudia, Anis, dan Merpati. Tidak hanya itu, Kampung Toga juga menyediakan restoran dengan menu utama khas Jawa Barat, seperti karedok hingga pepes tahu.

Harga yang ditawarkan para wisatawan untuk menikmati fasilitas di Kampung Toga pun juga beragam, mulai dari kolam renang Rp20.000/orang, sewa villa dan cottage Rp400.000-4.000.000/malam, hingga wisata paralayang Rp175.000-250.000.

Museum Prabu Geusan Ulun

Museum Prabu Geusan Ulun

Kegiatan berlibur akan jauh lebih bermanfaat jika terdapat edukasi pembelajaran, salah satunya saat Anda mengunjungi Museum Prabu Geusan Ulun yang berlokasi di pusat kota Sumedang, yakni sekitar 50 meter dari kawasan alun-alun kota.

Museum Prabu Geusan Ulun mengajak Anda sebagai wisatawan untuk mengenal lebih dalam mengenai sejarah kerajaan yang pernah berdiri di kota Sumedang. Peninggalan barang-barang bersejarah dari kerajaan Sumedang Larang masih tersimpan dengan baik di museum ini.

Museum Prabu Geusan Ulun terbagi menjadi enam bagian ruangan saat Anda memasukinya, yakni gedung Pusaka, Srimanganti, Kaler, Gamelan, Kereta, dan Gendeng. Barang-barang yang dapat Anda temui seperti alat musik, perabotan, dan barang pusaka.

Untuk harga tiketnya pun sangat terjangkau, yakni Rp2.000 untuk anak-anak, Rp3.000 untuk orang dewasa, dan Rp10.000 untuk wisatawan asing. Dikarenakan Museum Prabu Geusan memiliki banyak ruang yang dibatasi dengan lorong, maka lorong tersebut dapat dijadikan spot foto menarik.

Melakukan eksplorasi wisata Sumedang memang menarik untuk ditelusuri. Anda dapat menghabiskan waktu bersama keluarga dan sanak saudara saat berada di kota Sumedang. Pastinya, Anda bisa merasakan pengalaman tidak terlupakan dan mempunyai keinginan kembali untuk berwisata ke kota ini.

Check Also

Kebun Mawar Situpaha

9 Tempat Wisata Garut yang Menjadi Primadona Wisatawan Saat Ini

Mengenal 9 Tempat Wisata Garut yang Menjadi Primadona Wisatawan Garut merupakan salah satu kota di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *