Pantai Banyutowo

7 Destinasi Keindahan Wisata Wonogiri yang Tak Boleh Dilewatkan

Mengenal Keindahan 7 Destinasi Wisata Wonogiri yang Tak Boleh Dilewatkan

Indonesia merupakan salah satu negara yang terkenal akan pesona keindahan alamnya. Sehingga bukan hal aneh bila ada banyak kota di Indonesia yang menyajikan destinasi wisata yang menarik. Termasuk destinasi wisata Wonogiri yang menawarkan keindahan alamnya yang menarik.

Wonogiri merupakan sebuah kota di Jawa Tengah dengan letak strategis dan akses yang tidak susah untuk dituju. Kota Wonogiri selain terkenal sebagai kota gaplek juga terkenal akan keasrian alamnya. Keasrian alam Wonogiri ini bisa dilihat dari 7 destinasi wisata yang wajib dikunjungi berikut ini.

Jurug Kemukus

Jurug Kemukus

Air terjun alami yang terletak di kecamatan Karang Tengah, Wonogiri merupakan salah satu destinasi wisata alam di Wonogiri yang tidak boleh dilewatkan. Sebab pemandangan alam air terjun atau yang lebih dikenal dengan nama Jurug Kemukus ini sangat indah.

Akan tetapi, untuk menuju destinasi wisata Jurug Kemukus maka Anda membutuhkan persiapan fisik yang lumayan. Selain itu, dibutuhkan perbekalan yang cukup banyak. Sebab untuk menuju jurug, Anda harus melewati jalan yang cukup terjal.

Bahkan setelah sampai dusun terdekat dengan jurug, Anda hanya bisa menuju jurug dengan berjalan kaki. Tak hanya itu, Anda juga harus mendaki sampai 40 m dengan bantuan seutas tali tambang. Akan tetapi, Anda tak perlu risau.

Hal ini dikarenakan, semua perjuangan Anda akan terbayar ketika Anda sampai di jurug. Anda akan menikmati keindahan jurug alam dan dapat bermain air di sana. Terlebih tiket masuk jurug juga sangat mudah, yaitu sekitar 3000 rupiah per orang. Cukup menantang, bukan?

Bukit Jonambang

Bukit Jonambang

Anda salah satu pencinta keindahan alam pegunungan? Anda sedang berkunjung atau berlibur ke Wonogiri? Bila demikian Anda tidak boleh melewatkan destinasi wisata Wonogiri satu ini.

Baca Juga :  8 Tempat Cafe Di Semarang Yang Wajib Untuk Ditongkrongin

Destinasi wisata yang dimaksud, tentunya tak lain dan tak bukan adalah Bukit Jonambang.  Bukit Jonambang memiliki pemandangan alam yang indah dan mempesona. Sehingga bukan hal aneh bila terdapat banyak spot foto yang menarik dan instagramabel.

Bahkan saking indahnya pemandangan alam yang ditawarkan, banyak wisatawan yang betah berada di destinasi wisata alam satu ini. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan, di bukit kini disediakan tempat foto.  Tempat foto yang dimaksud berupa gazebo.

Dimana gazebo tersebut memiliki background pemandangan hamparan pepohonan hijau yang terlihat indah dari atas bukit. Selain itu, ada pula spot foto dengan latar batu karst di area tambang. Bahkan ada juga spot foto Waduk Gajah Mungkur yang sangat indah.

Sehingga bukan hal aneh, bila bukit ini menjadi destinasi wisata favorit di Wonogiri. Khususnya bagi Anda yang sangat menyukai wisata alam maupun fotografi. Sebab ada banyak spot cantik untuk menikmati berbagai keindahan alam dan menyalurkan hobi fotografi.

Gua Putri Kencono

Gua Putri Kencono

Bila Anda berkunjung atau berlibur ke Wonogiri, pastinya tidak lengkap rasanya bila Anda tidak mampir ke Gua Putri Kencono. Meskipun sebenarnya gua iji terletak cukup jauh dari kota Wonogiri. Tepatnya sekitar 57 km dari kota Wonogiri.

Akan tetapi, keindahan Gua Putri Kencono ini tentu akan menghapus lelah Anda selama melakukan perjalanan. Sebab gua alam ini memiliki pemandangan yang menakjubkan. Dimana dalam gua Anda dapat melihat stalagmit dan stalaktit yang terbentuk secara alami.

Stalaktit dan stalagmit ini dapat Anda lihat sepanjang lorong gua. Anda juga tidak perlu khawatir masalah penerangan. Di dalam gua seluas kurang lebih 1000 m persegi ini, sudah diberikan penerangan penuh di sepanjang jalannya.

Dengan penerangan ini, tentu akan sangat membantu Anda. Sebab selain Anda dapat melihat isi gua dengan baik, Anda juga dapat mengabadikan momen dengan lebih mudah. Tentunya hal ini disebabkan Anda dapat berfoto dengan mudah tanpa butuh penerangan tambahan lagi.

Baca Juga :  6 Pantai Jepara yang Penuh Pesona & Paling Banyak Dikunjungi

Menara Pandang Soko Gunung

Menara Pandang Soko Gunung

Untuk menuju ke Menara Pandang Soko Gunung, Anda harus menempuh waktu 22 menit dari pusat kota Wonogiri. Setelah itu Anda harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki selama 5 sampai 10 menit. Perjalanan kaki ini memiliki rute yang menanjak.

Perjalanan yang cukup sulit tapi menarik untuk dicoba. Selain itu, Anda juga memiliki dua pilihan. Anda dapat ke menara pandang barat dan timur. Bila Anda ingin melihat pemandangan bukit berkabut, Anda bisa pergi ke menara pandang timur.

Sedangkan bila Anda ingin melihat pemandangan Waduk Gajah Mungkur dan deretan perbukitan maka Anda bisa ke menara pandang barat. Kendati demikian Anda tak perlu bingung. Kedua menara pandang memberikan kesan dan pemandangan alam yang indah.

Telaga Rowo Batuwarno

Telaga Rowo Batuwarno

Anda menyukai wahana wisata air? Bila Anda berkesempatan berlibur ke Wonogiri maka sebaiknya Anda meluangkan waktu ke Telaga Rowo Batuwarno. Sesuai namanya, tentu telaga ini terletak di kecamatan Batuwarno, Wonogiri.

Akses menuju destinasi wisata ini juga sangat mudah. Anda bisa menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Selain wisata air seperti sepeda air, kapal dayung dan arena pancing, Anda juga dapat menemukan wisata kuliner khas di sekitar telaga.

Air Terjun Kalimas

Air Terjun Kalimas

Air Terjun Kalimas merupakan satu destinasi wisata Wonogiri yang wajib untuk dikunjungi. Air terjun yang terletak di desa Wonokerta ini diberi nama kalimas karena konon air di air terjun ini tidak pernah kering. Walaupun sedang musim kemarau.

Oleh karena itu, Anda bisa datang kapanpun ke destinasi wisata satu ini. Selain itu panorama pemandangan air terjun ini sangat indah. Bahkan ada yang bilang bahwa panorama air terjun Kalimas disebut mirip dengan panorama di Amerika.

Baca Juga :  9 Rekomendasi Pilihan Tempat Wisata di Magelang yang Pas untuk Berlibur

Akan tetapi, untuk menuju air terjun, Anda hanya bisa menempuhnya dengan berjalan kaki atau mengendarai sepeda motor. Sebab jalan menuju air terjun merupakan jalan setapak sempit. Kendati demikian, dalam perjalanan Anda akan mendapatkan pengalaman baru.

Dimana Anda akan disuguhi pemandangan aliran sungai. Tentunya air sungai ini berasal dari Air Terjun Kalimas. Selain itu, Anda juga akan ditemani kicauan burung. Mengingat di destinasi wisata ini, masih banyak burung liar yang beterbangan di alam bebas.

Pantai Banyutowo

Pantai Banyutowo

Bagi Anda yang menyukai wisata pantai, tak perlu khawatir. Sebab di Wonogiri juga ada destinasi wisata pantai. Seperti halnya destinasi wisata Pantai Banyutowo. Salah satu wisata Wonogiri yang terletak di Desa Gudang Harjo.

Selain memiliki pemandangan alam yang indah, Pantai Banyutowo juga merupakan pantai yang unik. Hal ini dikarenakan Pantai Banyutowo merupakan tempat pertemuan air tawar dan air laut. Dimana air tawar ini bersumber dari air yang berada di bawah tanah.

Pertemuan dari dua jenis air ini pun membuat air pantai menjadi tawar ( tidak asin ). Oleh karena itulah pantai ini disebut dengan nama Banyutowo atau dalam bahasa Indonesia berarti air tawar ( tidak ada rasa ). Menarik, bukan?

Salah satu alasan pantai ini wajib Anda kunjungi selai  karena keunikan dan keindahan alamnya adalah jaraknya yang tidak terlalu jauh. Anda hanya perlu menghabiskan waktu sekitar 4 jam dari kota Wonogiri. Bagaimana? Sangat rekomended, bukan?

Demikian beberapa destinasi wisata Wonogiri yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Wonogiri. Selain itu, ada destinasi wisata lain, seperti museum wayang kulit, museum karst dan beberapa objek wisata lainnya. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menghabiskan waktu libur di kota Wonogiri?

Check Also

Wisata Alam Kampung Kurcaci

8 Rekomendasi Destinasi Wisata Purbalingga Kekinian

Wisata Purbalingga Dianugerahi bentang alam yang indah telah mendorong Purbalingga untuk memanfaatkannya sebagai tempat rekreasi. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *