Kebun Teh Wonosari

7 Destinasi Liburan yang Menarik di Kota Malang

Wisata Kota Malang

Sama halnya seperti Yogyakarta, setiap sudut kota Malang terasa berkesan dan istimewa. Anda dapat merencanakan liburan dengan mengunjungi destinasi wisata kota Malang yang keren. Akses menuju tiap tempat wisata pun sangat mudah karena lokasinya tergolong strategis.

7 Destinasi Liburan yang Menarik di Kota Malang

Menghabiskan waktu liburan di kota Malang merupakan ide yang wajib Anda realisasikan. Sebab, ada begitu banyak tujuan wisata yang mampu memberikan pengalaman seru tak terlupakan. Berikut 7 rekomendasi tempat rekreasi terbaik di kota Malang:  

Hawai Waterpark

Hawai Waterpark

Bagi yang suka berenang dan bermain air, wisata kota Malang bernama Hawai Waterpark wajib dikunjungi. Waterpark tersebut mengusung tema Hawai yang mengajak para pengunjung seolah-olah sedang berlibur di pulau terkenal tersebut.

Hawai Waterpark menyediakan 9 wahana air yang harus Anda coba semua. Wahana tersebut meliputi Waikiki Beach, Water House, Waimea Stream River, Rainbow Fall, Mavi Island, Ekolu Slide, Hula-Hula Slide, Akaolu Pool dan Wailele Slide.

Dari kesembilan wahana tersebut, terdapat satu wahana yang paling ramai dikunjungi yakni Waikiki Beach. Alasannya, wahana tersebut menawarkan kolam yang memainkan simulasi gelombang tsunami sehingga disebut juga sebagai Tsunami Pool.

Tentu saja gelombang tsunami yang ditampilkan tidak setinggi aslinya. Namun, kolam ombak buatan tersebut menyandang gelar kolam tertinggi di Indonesia yang mampu menghasilkan gelombang sampai 2,5 meter.

Hawai Waterpark dibuka dari jam 10 pagi hingga 4 sore. Khusus musim liburan, jam buka dimajukan menjadi pukul 8 pagi hingga 5 sore karena jumlah pengunjung yang datang melebihi hari-hari biasa.

Museum Malang Tempo Doeloe

Museum Malang Tempo Doeloe

Apabila Anda mampir ke Alun-Alun Balai Kota Malang, maka sempatkan untuk mengunjungi Museum Malang Tempo Doeloe. Jaraknya sangat dekat, tepatnya berada di belakang bangunan Balai Kota Malang.

Museum tersebut diresmikan sekaligus dibuka untuk umum pada 2012 silam. Saat masuk ke dalam museum, Anda akan disuguhkan riwayat kota Malang dari zaman prasejarah hingga zaman modern sekarang ini.

Baca Juga :  7 Tempat Wisata Surabaya Paling Rekomended Untuk Dikunjungi

Museum Malang Tempo Doeloe seakan mengajak Anda untuk melakukan kilas balik. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui kondisi wilayah Malang pada zaman purba sekaligus perkembangannya hingga menjadi kota yang indah seperti sekarang.

Selain itu, Museum Malang juga menampilkan informasi mengenai penemuan pondasi kota pertama kali. Pondasi tersebut ditemukan oleh Pemerintah Hindia Belanda sekitar tahun 1716.

Walaupun Anda bukan warga asli Malang, namun belajar sejarah Malang tetap menarik dilakukan. Terlebih, banyak informasi penting dan bermanfaat yang berkaitan dengan sejarah Indonesia secara keseluruhan.

Kampung Warna-Warni Jodipan

Kampung Warna-Warni Jodipan

Nama Kampung Warna-Warni Jodipan sudah sangat terkenal sebagai destinasi wisata kota Malang yang instagramable dan kekinian. Sebab, setiap sudut kampung tersebut bisa menjadi latar foto yang super kece.

Siapa sangka, Kampung Jodipan dahulunya merupakan wilayah yang kumuh. Berkat penataan ulang yang ditangani dengan baik, Jodipan menjadi desa yang indah, bersih dan menarik banyak wisatawan.

Daya tarik utama dari Kampung Jodipan adalah dinding rumah yang dicat warna-warni sehingga menampilkan pemandangan yang unik. Selain itu, terdapat Jembatan Kaca Ngalam yang bagian pijakannya terbuat dari kaca.

Jembatan yang kerangkanya dicat kuning tersebut menghubungkan Kampung Jodipan dengan Kampung Tridi. Bagi para pengunjung, Jembatan Kaca Ngalam sepanjang 25 meter tersebut merupakan spot foto yang ikonik di Jodipan Malang.

Selain berfoto, kegiatan lain yang tidak kalah seru adalah berkeliling kampung. Anda akan menyusuri jalan-jalan sempit yang kadang berkelok, berundak dan sedikit menanjak. Kontur semacam ini justru menjadi daya tarik tersendiri.

Apabila lelah berjalan, Anda dapat mampir di warung untuk membeli minum atau makanan ringan yang dijual warga setempat. Tiket masuk ke Kampung Jodipan sangat murah, hanya sekitar 3 ribu rupiah per orang.

Museum Mpu Purwa

Museum Mpu Purwa

Malang memang memiliki banyak wisata museum yang berisi segudang informasi bagi para pengunjung. Apabila Anda suka atau setidaknya pernah belajar sejarah mengenai kerajaan besar di Indonesia, maka Museum Mpu Purwa tidak boleh dilewatkan.

Baca Juga :  9 Tempat Kuliner Makanan Khas Gresik Yang Sedap Untuk Dicoba

Museum Mpu Purwa merupakan museum yang dibuat khusus untuk menyimpan koleksi benda purbakala. Benda-benda tersebut banyak yang berasal dari peninggalan Kerajaan Mataram Kuno, Kerajaan Tumapel dan Kerajaan Sengguruh.

Jenis benda yang dipajang didominasi oleh arca dan prasasti. Pada setiap benda peninggalan, terdapat papan bertuliskan deskripsi mengenai benda tersebut sehingga menambah pengetahuan Anda.

Penataan Museum Mpu Purwa begitu rapi sehingga tidak menghalangi akses para pengunjung untuk melihat benda koleksi dari dekat.

Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari

Salah satu wisata kota Malang yang mengusung konsep agrowisata adalah Kebun Teh Wonosari. Lokasinya berada di Desa Tirtomoyo, Singosari, Malang. Kebun teh tersebut masuk dalam kawasan lereng Gunung Arjuna dengan ketinggian lebih dari 1.200 mdpl.

Anda akan dimanjakan oleh hamparan kebun teh seluas lebih dari 1.100 hektar. Berlibur di Kebun Teh Wonosari adalah pilihan terbaik untuk melepas penat dan menyegarkan pikiran. Udara yang Anda hirup begitu sejuk tanpa tercemar polusi.

Kegiatan wisata yang dapat dilakukan meliputi:

  • Tea walk yakni berjalan menyusuri perkebunan teh sambil menikmati pemandangan indah yang tersaji secara gratis;
  • Mencoba memetik daun teh dan melihat proses pembuatan teh dari awal hingga selesai;
  • Menaiki kuda untuk mengelilingi area perkebunan yang begitu luas;
  • Mencoba wahana flying fox yang memacu adrenalin;
  • Menaiki kereta mini atau ATV untuk berkeliling di area perkebunan;
  • Mencoba permainan paintball bersama keluarga maupun teman-teman liburan Anda.

Harga tiket masuk ke Kebun Teh Wonosari Malang pada hari biasa sebesar Rp15.000. Apabila Anda datang pada akhir pekan, maka harga tiket menjadi Rp20.000 per orang.

Pantai Clungup

Pantai Clungup

Beralih ke wisata bahari, Malang menawarkan Pantai Clungup untuk Anda kunjungi saat libur. Alamat pantai tersembunyi ini ada di Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Malang.

Akses menuju Pantai Clungup tergolong mudah, hanya saja Anda tidak bisa membawa kendaraan roda dua maupun empat sampai ke dekat pantai. Kendaraan harus diparkir pada area khusus kemudian Anda perlu menempuh jalan setapak sejauh 1,3 km.

Baca Juga :  11 Tempat Wisata di Mojokerto Kekinian yang Wajib Dikunjungi

Terdengar melelahkan namun keindahan Pantai Clungup akan membayar lunas apa yang Anda rasakan. Pantai ini belum terlalu ramai dikunjungi sehingga Anda serasa berada di pantai pribadi yang jauh dari kebisingan.

Pilihan kegiatan yang dapat Anda lakukan yaitu snorkeling, diving, berkemah dan mengunjungi hutan bakau. Pada saat wisata mangrove, Anda akan mendapat informasi mengenai kawasan konservasi tersebut sekaligus melakukan penanaman pohon bakau.

Tips paling penting saat berkunjung ke Pantai Clungup Malang adalah membawa bekal. Sebab, tidak ada warung di sekitar pantai. Anda harus mempersiapkan segala keperluan sendiri dari rumah.

Pantai Nganteb

Pantai Nganteb

Tempat menarik lain untuk dikunjungi adalah Pantai Nganteb. Perlu diketahui bahwa Pantai Nganteb merupakan destinasi wisata kota Malang yang sarat akan unsur religi. Alasannya, terdapat makam di kawasan pantai yang sering dikunjungi oleh para warga.

Jadi, tidak perlu heran apabila Anda melihat beberapa orang yang berziarah ke makam tersebut. Lokasi Pantai Nganteb ada di Desa Tumpakrejo, Gedangan, Malang. Jarak pantai dari pusat kota Malang sekitar 60 km.

Pantai Nganteb menyajikan pemandangan alam yang menawan. Hamparan pasir putihnya terasa lembut dan nyaman saat dipijak. Kegiatan paling menarik di Pantai Nganteb adalah surfing sebab ombak pantai Malang Selatan ini sangat ideal untuk melakukan olahraga air tersebut.

Kegiatan lain yang tidak kalah seru adalah trekking ringan ke bukit. Sesampainya di bagian puncak, Anda dapat menikmati hamparan laut tanpa penghalang. Bagi yang ingin bermalam juga tersedia camping ground yang luas dan nyaman untuk ditempati.  

wisata kota Malang memang memiliki daya tarik yang kuat. Waktu liburan yang Anda habiskan di salah satu destinasinya dijamin tidak akan sia-sia. Pilihannya banyak mulai dari wisata sejarah, edukasi, alam, bahari hingga wisata buatan. Selamat menjelajah Malang, ya!

Check Also

Air Terjun Nglirip

7 Tempat Keindahan Objek Wisata Tuban Paling Hits Saat Ini

Mengenal Keindahan 7 Objek Wisata Tuban Paling Hits Pernahkah Anda mendengar tentang kota Tuban? Yups, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *