Soto Gerabah

7 Rekomendasi Tempat Makan Keluarga di Jogja

Tempat Makan di Jogja

Ada banyak pilihan tempat makan di Jogja yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Setiap tempat makan menyuguhkan kuliner lezat yang bervariasi serta pemandangan sekitar yang menawan.  

Beberapa tempat makan bahkan menyediakan area khusus untuk rekreasi. Tidak mengherankan, hampir semua tempat cenderung lebih ramai pada saat akhir pekan maupun hari libur. Sebab, selain mengisi perut, Anda sekaligus bisa melakukan kegiatan yang menyenangkan.

7 Rekomendasi Tempat Makan Keluarga di Jogja

Berikut rekomendasi tempat makan yang cocok untuk Anda sekeluarga apabila sedang berada di Jogja:

Lemah Ledok Garden Resto

Lemah Ledok Garden Resto

Salah satu tempat makan di Jogja yang bernuansa Jawa kental adalah Lemah Ledok Garden Resto. Gerabah unik dan anyaman bambu digunakan untuk menyajikan makanan yang cita rasanya begitu lezat.

Menu spesial yang tersedia seperti gurame pasir putih, sup seafood kelapa bakar, ayam bakar rempah, camilan dayoh, susuh manuk, nasi goreng buntut, es lahar dingin Merapi, wedhang kawah Merapi dan es kabut Merapi.

Sajian makanan dan minuman yang Anda pesan bisa dinikmati di bawah gazebo maupun joglo yang didesain khas Jawa. Apabila ingin lebih leluasa menikmati pemandangan sekitar, Anda bisa menempati bangku kayu yang ada di tengah taman.

Kapasitas Lemah Ledok Garden Resto hanya 300 tempat duduk sehingga menawarkan suasana keakraban dan ketenangan yang lebih. Menariknya lagi, Anda dapat menyewa lahan seluas 4000 m2 apabila berencana menyelenggarakan acara spesial berkonsep ‘back to nature’.

Lokasi Lemah Ledok ada di Jalan Cangkringan km 0,3 Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman. Restoran ini buka dari jam 8 pagi sampai 10 malam.

Baca Juga :  9 Tempat Kuliner Makanan Khas Gresik Yang Sedap Untuk Dicoba

Pondok Makan Pelem Golek

Pondok Makan Pelem Golek

Tempat makan bernuansa alam di Jogja memang banyak, contohnya Pelem Golek. Lokasinya sangat strategis yakni di Jalan Palagan Tentara Pelajar km 7 atau lebih mudahnya ada di depan hotel Hyatt Regency.

Pelem Golek terkenal dengan restoran 1001 macam menu karena begitu banyaknya pilihan yang disodorkan. Beberapa menu terbaiknya meliputi gurame tabur permata, kakap salad mangga, udang de coco, udang bago saus lada hitam dan kwe bakar bumbu Jimbaran.

Daya tarik lain dari Pelem Golek adalah nuansa alam yang terasa sangat asri. Hampir keseluruhan bangunan yang ada terbuat dari kayu penuh ukiran. Berdiri di lahan seluas 5.000 m2 menjadikan Pelem Golek ideal sebagai tempat makan bersama rombongan keluarga.

Selepas makan, Anda dapat berkeliling menikmati hijaunya pepohonan dan segarnya air yang mengalir tenang di sungai kecil. Pada sepanjang aliran sungai, berdiri beberapa gazebo untuk tempat menyantap hidangan. Tersedia juga lesehan yang tidak kalah nyaman.

Kelapa Resto

Kelapa Resto

Selanjutnya, tempat makan di Jogja yang wajib dikunjungi bersama keluarga yaitu Kelapa Resto yang berada di Westlake Resort, Trihanggo, Gamping. Kelapa Resto terkenal akan keindahan tempatnya yang berada di tengah danau.

Terdapat banyak gazebo yang terbuat dari kayu dan bebatuan di atas danau. Anda akan menikmati pemandangan yang mengagumkan selama menyantap makanan. Menu andalan Kelapa Resto adalah olahan ikan seperti gurame, nila, cumi, kerang dan udang.

Beragam menu pelengkap dan sambal yang menggugah selera juga tersedia di Kelapa Resto. Tidak hanya kuliner, tempat makan ini menawarkan kegiatan seru yang meliputi memancing, menaiki sepeda air dan menyusuri sekitar danau.

Apabila datang pada malam hari, Anda akan disuguhi pemandangan lampu berwarna keemasan yang terkesan hangat dan romantis. Pilihan yang cocok untuk bercengkrama bersama keluarga maupun orang terkasih.

Moro Lejar

Moro Lejar

Tempat makan yang berkonsep saung juga dapat Anda temukan di utara Jogja yakni Moro Lejar. Alamat lengkapnya ada di Balangan, Cangkringan, Sleman. Aksesnya sangat mudah karena berada dekat dengan jalan utama Kaliurang.

Baca Juga :  12 Tempat Menarik di Kudus Jawa Tengah untuk Mengisi Liburan

Walaupun lokasinya cukup jauh dari pusat kota, Moro Lejar tetap recommended untuk dikunjungi. Terlebih bagi Anda yang akan berlibur ke kawasan Gunung Merapi.

Udara di sekitar Moro Lejar cukup dingin karena daerahnya sudah tergolong tinggi. Anda bebas memilih saung bambu yang akan ditempati untuk makan. Pada tiap saung atau gubuk dipasangi kentung untuk memanggil pelayan saat dibutuhkan.

Semua saung berdiri di atas kolam sehingga alasnya terasa lebih sejuk. Anda dan keluarga bisa bersantai dengan nyaman sembari menunggu pesanan datang.

Menu terbaik yang dimiliki Moro Lejar antara lain gurame bakar madu, nila asam manis, udang goreng tepung, ikan mas mangut, wader goreng, sambal bawang dan sambal terong.

Angkringan Kopi Jos Lik Man

Angkringan Kopi Jos Lik Man

Kalau Anda berniat untuk berburu tempat makan di Jogja yang legendaris pada malam hari, maka putuskan saja tujuannya ke Angkringan Kopi Jos Lik Man. Lokasinya sangat dekat dengan Malioboro yakni di Sosromenduran, Gedong Tengen.

Kopi Jos Lik Man masuk dalam daftar angkringan paling populer di Jogja. Salah satu menu terbaiknya adalah kopi jos yakni kopi hitam yang dicampur dengan bara api. Rasanya nikmat dan aromanya sangat khas berkat adanya bau gosong dari bara api yang dicemplungkan.

Tersedia juga makanan khas angkringan seperti sate-satean, nasi kucing, gorengan, susu, tempe bacem, tahu bacem, ayam bacem dan aneka wedang segar.

Karena semakin malam akan semakin ramai, maka disarankan untuk datang seawal mungkin. Dengan begitu, Anda dan keluarga bisa kebagian tempat tanpa perlu menunggu sampai ada yang kosong.

Berada di Jogja akan kurang apabila tidak menikmati makanan ala angkringan. Oleh sebab itu, Kopi Jos Lik Man sangat disarankan untuk dikunjungi.

Baca Juga :  HeHa Sky View dan Ocean View, Tempat Wisata di Yogyakarta yang Kekinian

Gudeg Pawon

Gudeg Pawon

Menyantap gudeg di Jogja tentu suatu keharusan sebab makanan khas ini memiliki rasa yang tiada duanya. Tidak sulit menemukan warung gudeg di Jogja, salah satu yang legendaris dan selalu ramai adalah Gudeg Pawon.

Lokasinya berada di Jalan Janturan, Warungboto, Umbulharjo. Gudeg Pawon buka dari jam 10 malam dan biasanya jam 1 malam sudah habis. Selain cita rasa yang menggoyang lidah, keistimewaan Gudeg Pawon adalah cara menjualnya.

Pembeli harus rela mengantri bahkan sampai ke dapur pemilik gudeg. Sebab, Gudeg Pawon tidak lagi dijual dari pasar ke pasar melainkan langsung di rumah pihak pembuat.

Agar tidak mengantri lama dan kehabisan, Anda harus datang lebih awal. Rasa lelah selama menunggu akan terbayarkan dengan gudeg basah yang terasa lebih gurih dibanding gudeg lain yang ada di Jogja.

Soto Gerabah

Soto Gerabah

tempat makan di Jogja yang murah meriah adalah Soto Gerabah Mbok Tuginem. Alamat lengkapnya ada di Jalan Selokan Mataram, Purwomartani, Kalasan dengan jam buka dari pukul 6 pagi sampai 4 sore.

Soto Gerabah sudah terkenal hingga ke luar Jogja sehingga tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Keistimewaan dari soto ini adalah penyajiannya yang menggunakan mangkuk tanah liat berukuran kecil.

Kuah Soto Gerabah Mbok Tuginem bening dan sangat segar. Anda akan menemukan nasi putih, irisan daging, tauge, bawang goreng dan daun seledri dalam semangkuk soto tersebut. Tersedia pula lauk pelengkap seperti tempe-tahu goreng, sate usus, sate ati ampela dan sate telur puyuh.

Tidak hanya puas menyambangi tempat wisata, Anda juga akan puas oleh kelezatan makanan selama di Jogja. Mulai dari pagi hingga malam hari, banyak tempat yang menyajikan kuliner khas seperti gudeg maupun sajian lain yang juara dalam menggugah selera.

Check Also

Sego Karak

9 Tempat Kuliner Makanan Khas Gresik Yang Sedap Untuk Dicoba

Makanan Khas Gresik Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khas yang lezat, tak terkecuali …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *