Surabaya North Quay

7 Tempat Wisata Surabaya Paling Rekomended Untuk Dikunjungi

Mencoba Pengalaman Paling Asyik di 7 Tempat Wisata Surabaya Paling Rekomended

Anda akan berlibur ke Surabaya? Namun bingung menentukan tempat wisata yang harus dikunjungi? Jangan khawatir. Sebab ada banyak tempat wisata Surabaya yang rekomended. Mengingat Surabaya sendiri merupakan ibukota provinsi Jawa Timur.

Pastinya tak sedikit tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di kota Pahlawan satu ini. Memangnya apa saja tempat wisata Surabaya yang rekomended? Penasaran? Mari simak beberapa rekomendasi tempat wisata di Surabaya yang paling menarik berikut ini.

Tugu Pahlawan Surabaya

Tugu Pahlawan Surabaya

Tugu Pahlawan Surabaya merupakan salah satu objek wisata Surabaya yang sudah berdiri cukup lama. Tugu ini dibuat membentuk tiang tinggi yang menyerupai paku terbalik. Tugu ini dibuat, niatnya sebagai sebuah monumen untuk memperingati jasa-jasa pahlawan.

Khususnya bagi para pahlawan yang gugur pada pertempuran 10 November di Surabaya. Secara umum juga untuk memperingati semua pahlawan bangsa yang gugur membela bangsa Indonesia. Oleh karenanya tugu tersebut disebut dengan Tugu Pahlawan.

Sesuai dengan tujuan awalnya untuk mengenangkan para pahlawan kemerdekaan di tanggal 10 November 19465. Maka tak aneh lagi bila panjang, luas dan lengkung tugu disesuaikan dengan hari tersebut. Tepatnya berdasarkan angka10, 11 dan 1945.

Selain tugu pahlawan dalam kompleks ini juga terdapat patung-patung pahlawan kemerdekaan, khususnya pahlawan yang gugur pada tanggal 10 November 1945. Namun ada beberapa patung pahlawan yang tidak gugur di tanggal tersebut.

Payung yang ada di kompleks monumen ini seperti patung Bung Tomo, ada pula pating Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta dalam menandatangani proklamasi kemerdekaan. Dimana detik dari penandatanganan ini merupakan momen sakral.

Baca Juga :  13 Daftar Tempat Wisata di Kediri yang Direkomendasikan

Selain patung pahlawan terdapat pula mobil yang digunakan oleh bung Tomo sebagai senjata perang. Bahan terparkir rapi mobil perang yang digunakan. Mobil perang ini terparkir di tepi sudut segitiga.

Tiket masuk ke dalam Tugu Pahlawan sangat murah. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 5 ribu rupiah. Bahkan bagi Anda yang merupakan seorang pelajar atau mahasiswa, Anda hanya perlu mengeluarkan kartu mahasiswa maupun kartu pelajar Anda.

Surabaya North Quay

Surabaya North Quay

Surabaya North Quay merupakan tempat wisata Surabaya yang terletak di lantai dua dan tiga dari Terminal Gapura Surya Nusantara. Di tempat ini Anda dapat menikmati pemandangan laut nan indah. Selain itu, Anda juga dapat menikmati kuliner khas Surabaya yang lezat.

Anda tak perlu khawatir masalah biaya. Sebab Surabaya North Quay terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya tiket alias gratis. Seperti halnya yang telah dijelaskan sebelumnya, Surabaya North Quay terdiri dari dua lantai.

Dimana di lantai pertama Surabaya North Quay dipergunakan sebagai tempat shopping. Sedangkan lantai dua ya digunakan sebagai tempat berburu wisata kuliner. Di dalam Surabaya North Quay ini terdapat banyak makanan khas yang menarik untuk dicoba.

Rumah Batik Jawa Timur

Rumah Batik Jawa Timur

Batik merupakan warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia. Motif batik pun beranekaragam. Berbeda antara daerah satu dengan daerah lain. Begitu pula dengan batik khas Jawa Timur.

Oleh karena itu, untuk menjaga kelestarian dari batik daerah Jawa Timur dibuatlah Rumah Batik Jawa Timur. Di dalam Rumah Batik, Anda dapat melihat ada 2000 lebih potongan kain batik dari berbagai daerah yang ada di Jawa Timur.

Pastinya setiap kain memiliki corak dan motif yang berbeda, sesuai dengan daerah asalnya. Sangat menarik, bukan? Namun Anda tidak perlu bingung. Sebab Anda dapat membeli atau bahkan belajar membuat batik di Rumah Batik ini.

Baca Juga :  10 Tempat Wisata Pantai Banyuwangi Yang Paling Mempesona

Suroboyo Carnival Park

Suroboyo Carnival Park

Suroboyo Carnival Park merupakan sebuah taman rekreasi yang mengangkat tema pasar malam. Hal ini tentu menjadi ciri khas tersendiri bagi Suroboyo Carnival Park. Dikarenakan konsepnya yang berupa pasar malam, tentunya taman rekreasi ini buka mulai dari jam 4 sore.

Mengusung konsep taman rekreasi, layaknya Dufan atau Trans Studio Bandung, Suroboyo Carnival Park juga menyediakan beranekaragam wahana permainan. Dimana wahana permainan ini dapat dinikmati oleh anak kecil maupun orang dewasa.

Selain wahana permainan, di Suroboyo Carnival Park juga terdapat Galeri Suroboyo. Dimana tempat ini berbentuk layaknya mini museum. Sehingga di dalamnya terdapat beranekaragam hal yang berkaitan dengan Surabaya.

Tak hanya Galeri Suroboyo, di Carnival Park ini juga terdapat Galeri angkut. Bahkan ada pula cinema 4D, taman lampion dan museum 3 D Art and Wax House. Pastinya hal ini semakin menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke Suroboyo Carnival Park.

Taman Gantung Surabaya

Taman Gantung Surabaya

Taman Gantung merupakan satu dari sekian banyak taman yang ada di Surabaya. Taman Gantung sebenarnya berada di tengah-tengah oleh gedung-gedung tinggi dan gedung-gedung pencakar langit. Awalnya taman ini hanyalah sebuah jembatan penyebrangan.

Menggunakan konsep hijau, Anda  dapat menemukan banyak tawaran hijau. Bagi Anda yang tidak inginkan repot. Anda bisa menemukan banyak tanaman pohon hias dan tanaman bunga hijau.

Di taman juga sudah tersedia kursi dan meja kecil. Dimana kursi serta meja ini ditunjukkan agar Anda dapat sedikit bersantai dan melepaskan penat. Menikmati segarnya udara taman beserta menikmati keindahan pemandangannya.

Bila Anda ingin mengunjungi taman, sebaiknya kunjungi pada malam hari. Sehingga Anda bisa melihat gemerlap lampu yang indah. Selain itu, Anda juga bis melipir ke wisata malam lainnya. Khususnya wisata malam yang menyediakan makanan kuliner khas Surabaya.

Baca Juga :  7 Pesona Keindahan Wisata Pantai Malang Selatan Terpopuler

Monumen Jalesveva Jayamahe

Monumen Jalesveva Jayamahe

Monumen Jalesveva Jayamahe merupakan sebuah monumen yang berada di kawasan dari Armada Timur TNI Angkatan Laut Surabaya. Monumen ini menggambarkan sesosok perwira TNI Angkatan Laut dengan seragam dinas upacaranya lengkap.

Bahkan tak ketinggalan, pedang kehormatannya juga terdapat dalam monumen. Sosoknya pun dengan gagah berani menghadap ke lautan luas. Seolah mengatakan bahwa siap untuk menghadapi segala badai maupun gelombang besar di tengah lautan luas.

Nama monumen Jalesveva Jayamahe sendiri diambil dari moto TNI Angkatan Laut. Dimana kurang lebih arti dari moto tersebut adalah “ Di laut kita berjaya “. Konon monumen ini dibangun sebagai pengingat bahwa nenek moyang bangsa Indonesia adalah seorang pelaut.

Museum Surabaya

Museum Surabaya

Tempat wisata Surabaya yang rekomended berikutnya adalah museum Surabaya. Kendati merupakan destinasi wisata baru, akan tetapi tempat ini sudah cukup rekomended. Sebab tak hanya berlibur. Anda juga bisa berwisata sambil belajar di museum Surabaya ini.

Museum Surabaya juga tidak seperti museum kebanyakan yang hanya menampilkan dan memamerkan barang-barang koleksinya saja. Akan tetapi, museum Surabaya juga mengadakan kegiatan interaktif yang pastinya akan menambah keseruan.

Kegiatan interaktif yang dimaksud, seperti halnya diskusi budaya atau tanya jawab tentang benda-benda dan sejarah museum Surabaya. Inovasi ini pastinya akan membuat wisatawan tertarik untuk mengunjungi museum lagi.

Inovasi seperti ini juga akan melunturkan image museum yang garing dan membosankan. Sehingga banyak orang yang kembali datang belajar dan berwisata ke museum. Mengingat museum Surabaya sendiri berisikan koleksi barang-barang peninggalan sejarah kota.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada banyak tempat wisata Surabaya yang rekomended dan menarik untuk dikunjungi. Layaknya beberapa tempat wisata yang sudah dijelaskan di atas. Bagaimana? Masih bingung ingin memilih tempat wisata yang mana?

Check Also

Pantai Ria

7 Destinasi Wisata Gresik yang Recommended & Cocok Untuk Liburan

7 Destinasi Wisata Gresik yang Recommended Untuk Liburan Selain terkenal akan produksi semennya, tahukah Anda? …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *