Candi Umbul

9 Rekomendasi Pilihan Tempat Wisata di Magelang yang Pas untuk Berlibur

Tempat Wisata di Magelang

Magelang menawarkan berbagai macam tempat wisata menarik baik wisata alam, wisata sejarah, maupun wisata yang sedang tren saat ini. Akan banyak pengalaman yang menakjubkan jika Anda datang ke beberapa tempat wisata di Magelang, yang wajib dikunjungi.

Wawasan sejarah dan budaya Anda juga akan bertambah, jika Anda berwisata ke Kota Magelang. Magelang dikenal sebagai salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki sejumlah tempat wisata sejarah yaitu candi.

Rekomendasi Pilihan Tempat Wisata di Magelang yang Pas untuk Berlibur

Berikut ini beberapa rekomendasi dari tempat wisata di Magelang yang wajib Anda kunjungi ketika berlibur di Pulau jawa:

Candi Borobodur

Candi Borobodur

Salah satu candi di Indonesia yang sangat terkenal namanya hingga masuk ke salah satu 7 keajaiban dunia adalah Candi Borobudur. Candi ini merupakan candi terbesar di dunia, yang telah dibangun sekitar tahun 780-840 SM di zaman kerajaan Mataram Kuno.

Candi Borobudur juga menjadi keajaiban dunia yang membanggakan bagi Indonesia. Maka jika Anda berkunjung ke Kota Magelang, Anda wajib datang ke Candi Borobudur tersebut. Kemegahan candi ini berupa beberapa stupa yang berjejer dengan indah.

Ditambah lagi dengan pemandangan alam di sekitarnya yang tak kalah indahnya. Bahkan Candi Borobudur selalu menjadi tempat wisata dengan spot foto yang paling menarik, dengan hasil yang sangat keren.

Candi Selogriyo

Candi Selogriyo

Candi Selogriyo letaknya berada di lereng Gunung Sumbing Magelang, dan ada di lokasi terpencil tepatnya di Desa Candisari, Kecamatan Windusari. Candi yang satu ini adalah salah satu warisan atau peninggalan purbakala.

Baca Juga :  7 Rekomendasi Kuliner Salatiga Paling Khas dan Wajib Untuk Dicoba

Candi Selogriyo juga diperkirakan dibangun di zaman kerajaan Mataram Kuno, sama seperti Candi Borobudur. Adanya candi ini menjadi bukti bahwa perkembangan nilai yang ada di agama Hindu.

Lokasinya berada di wilayah perbukitan, dengan pemandangan pegunungan yang indah dan sejuk serta menenangkan. Anda bisa berkunjung ke candi ini mulai dari pukul 08.00 hingga pukul 16.00 di sore hari.

Candi Mendut

Candi Mendut

Tempat wisata sejarah lainnya yang ada di Magelang adalah Candi Mendut. Jarak candi ini dari Malioboro adalah sekitar 3 Km. Candi ini merupakan peninggalan sejarah dari agama Budha di masa lampau.

Candi Mendut dipenuhi dengan nilai-nilai sejarah yang penuh dengan makna kehidupan. Hal itu bisa dilihat dari relief yang terletak di dinding-dinding candi tersebut.

Candi Mendut juga menjadi tempat wisata budaya dan religi, yang cocok untuk berwisata edukasi dengan anak-anak dan keluarga. Terdapat fasilitas toilet dan area parkir di Candi Mendut tersebut.

Candi Pawon

Candi Pawon

Nama lain dari Candi Pawon yang ada di Magelang adalah Candi Brajanalan yang merupakan candi, dengan corak agama Budha. Lokasinya juga tidak jauh dari Candi Mendut, dan Candi Borobudur.

Ukuran candi ini tidak terlalu besar dan dibuat dari batu yang memiliki relief pada dindingnya. Namun walaupun ukurannya kecil candi ini sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti toilet, penjual makanan, dan area parkir.

Pada masa pandemi ini, Candi Pawon masi buka yaitu setiap hari Selasa sampai Minggu. Ada dua waktu pembukaan setiap harinya, yaitu pada pukul 08.30 – 11.00 dan pukul 12.00 – 16.00.

Candi Umbul

Candi Umbul

Situs purbakala yang juga menjadi tempat wisata sejarah dan budaya di Magelang adalah Candi Umbul.

Keunikan dari candi ini adalah berupa tempat pemandian air panas yang dimana, tempat pemandian itu adalah tempatnya para putri raja membersihkan diri di masa lampau. Lokasi Candi Umbul juga dekat dengan Curug Sekar dan Telaga Boleder.

Baca Juga :  6 Pantai Jepara yang Penuh Pesona & Paling Banyak Dikunjungi

Pemandangan alam di area candi juga sangat indah yang bisa Anda nikmati sambil mandi air panas. Dari bagian bawah kolam, muncul air hangat yang dipercaya bisa menyembuhkan beragam penyakit kulit dan membuat awet muda.

Biaya mandi di kolam putri tersebut sangat murah meriah, yaitu hanya sekitar Rp.6000,- saja.

Mangli Sky View

Mangli Sky View

Tempat wisata alam yang menembus awan, merupakan salah satu tempat wisata menarik yang ada di Magelang. Namanya yaitu Mangli Sky View yang berada di ketinggian 1570 m mdpl. Lokasinya berada di sebelah timur Gunung Sumbing yaitu di Desa Mangli.

Tempat ini menawarkan pemandangan alamnya yang indah dan memesona. Hamparan awan membentang indah di langit yang indah di sana.

Lengkap dengan pemandangan 9 gunung yang ada di sekitarnya yaitu gunung Merbabu, Telomoyo, Giyanti, Sumbing, Merapi, Andong, Tidar, dan Ungaran. Bukan hanya menyajikan pemandangan gunungnya saja, tapi hamparan kebun sayur di sana juga sangat alami.

Jika berwisata ke Mangli Sky View, Anda bisa menginap di area camping ground dengan fasilitas lengkap seperti Wifi, mushola, listrik, warung makanan/minuman, hingga toilet.

Pihak pengelola juga menyewakan alat-alat perkemahan seperti sleeping bag, gas, tenda, matras, nesting, dan masih banyak lagi.

Ladon Little Island

Ladon Little Island

Pesona alam dengan pemandangan pantai yang indah serta pasir putihnya yang menawan, bisa Anda peroleh di tempat wisata Ladon Little Island Magelang. Lokasinya ada di pinggiran aliran sungai, dengan pasir putih yang asalnya dari abu letusan gunung Merapi.

Pemandangan lereng perbukitannya yang hijau dan asri membuat para wisatawan betah berada di sana. Anda bisa mengambil foto di sana serta menunggang kuda sambil menyusuri aliran Sungai Progo.

Baca Juga :  Saloka Theme Park, Tempat Semarang Wisata Terbesar di Jawa Tengah

Biasanya saat musim hujan tempat wisata ini sering terkena banjir, maka datanglah saat musim panas atau kemarau tiba. Terdapat warung makanan/minuman di area Ladon Little Island tersebut.

Nepal van Java Dusun Butuh, Kaliangkrik

Nepal van Java Dusun Butuh, Kaliangkrik

Tempat wisata lainnya di Kota Magelang yang cocok untuk dijadikan tempat liburan adalah Dusun Butuh atau yang sering disebut dengan Nepal Van Java. Lokasinya berada di ketinggian 1620 mdpl  tepatnya berada di kaki gunung Sumbing.

Disebut dengan Nepal Van Java karena jika dilihat sekilas, daerahnya mirip dengan Pegunungan Himalaya yang ada di Negara Nepal. Anda akan disuguhi panorama alam yang sangat indah di sana, dengan udara yang sejuk dan juga dingin.

Dusun Butuh akan terlihat memesona dan cantik di pagi hari, saat matahari baru saja terbit. Sedangkan di malam hari, keindahannya terlihat dari hamparan bintang yang juga sangat memesona.

Silancur Highland

Silancur Highland

Lokasi tempat wisata alam ini berada di sebelah tenggara Gunung Sumbing. Tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan berupa pegunungan yang terbentang antara pepohonan hijau, serta langit yang tampak biru di angkasa.

Menghilangkan penat di perkotaan dengan mencari ketenangan dan kedamaian, sangat cocok dengan tempat wisata Silancur ini. Selain itu, di dekat loket masuk Anda akan melihat hamparan taman bunga yang berwarna warni dan cocok dijadikan spot untuk berfoto.

Untuk wisata malamnya, Anda bisa camping di sana atau hanya nongkrong saja menikmati pemandangan kota Magelang yang terlihat dari sana.

Tak cukup waktu sebentar rasanya jika ingin menjelajahi tempat wisata di Magelang, yang terkenal dengan keindahan pemandangannya. Tempat-tempat wisata alam di Magelang memang sangat indah dan membuat betah.

Check Also

Zona Kamayayi Saloka Theme Park

Saloka Theme Park, Tempat Semarang Wisata Terbesar di Jawa Tengah

Saloka Theme Park, Tempat Semarang Wisata Terbesar di Jawa Tengah Semarang wisata memiliki pesona yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *