Sego Karak

9 Tempat Kuliner Makanan Khas Gresik Yang Sedap Untuk Dicoba

Makanan Khas Gresik

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khas yang lezat, tak terkecuali Gresik. Salah satu kabupaten di Jawa Timur ini menawarkan makanan khas Gresik yang diolah dari berbagai bahan baku. Rasa olahan makanannya dijamin akan memanjakan lidah sekaligus mengusir rasa lapar.  

Berbagai Makanan Khas Gresik yang Sedap

Apabila Anda berkunjung ke Gresik, jangan sampai tidak mencoba kuliner khasnya. Terdapat banyak jenis olahan yang dapat Anda pilih, antara lain:

Nasi Krawu

Nasi Krawu

Makanan khas Gresik nasi krawu merupakan jenis makanan berat yang cocok Anda nikmati saat makan siang. Tampilan makanan tradisional Gresik ini sangat menggugah selera, terlebih disajikan di atas daun pisang yang beraroma harum.

Nasi krawu menggunakan jenis beras pulen sehingga lebih terasa lezat saat disantap. Lauknya terdiri dari serundeng, suwiran daging sapi, sambal dan bawang goreng. Tersedia juga lauk tambahan yang semakin menambah kenikmatan nasi krawu Gresik.

Beberapa di antaranya yaitu semur telur, belut goreng, tahu goreng, babat goreng dan semur usus sapi. Dengan hanya membayar 15 ribu rupiah per porsi, Anda sudah bisa mencoba makanan tradisional Gresik yang mengenyangkan ini.

Arang-Arang Kambang

Arang-Arang Kambang

Bagi pencinta makanan manis, arang-arang kambang bisa dijadikan pilihan saat mengunjungi Gresik. Sebenarnya, kudapan tersebut disajikan saat pesta pernikahan dan bulan Ramadan. Namun kini, Anda bisa membeli arang-arang kambang dengan mudah dari banyak penjual.

Tampilan arang-arang kambang menyerupai kolak. Bahan utama yang dipakai untuk membuat kudapan khas Gresik ini yaitu ketan hitam dan ketan putih. Sedangkan bahan tambahannya adalah irisan pisang dan tape ketan.

Sebelum siap disantap, arang-arang kambang terlebih dahulu disiram menggunakan air santan yang sudah masak. Gula merah yang telah dicairkan juga kerap disiramkan pada bagian atas arang-arang kambang.

Baca Juga :  13 Daftar Tempat Wisata di Kediri yang Direkomendasikan

Tekstur ketan yang sangat lembut berpadu dengan kuah santan yang gurih. Ditambah lagi, ada sensasi rasa manis dari gula dan tape.

Pudak

Pudak khas gresik

Pemburu jajanan tradisional wajib mencoba makanan khas Gresik pudak yang melegenda. Tampilan pudak cukup unik dengan balutan pelepah pohon pinang yang dijahit sehingga isinya tidak tumpah.

Pudak terbuat dari campuran tepung beras, gula jawa atau gula pasir dan santan kelapa. Bahan tersebut menghasilkan olahan makanan yang lembut, manis dan terasa gurih.

Penggunaan gula pada pudak sangat berpengaruh pada tampilan akhir. Apabila menggunakan gula jawa, maka akan tercipta pudak coklat sedangkan gula pasir akan menghasilkan pudak putih. Varian lain yaitu pudak hijau yang mendapatkan campuran daun pandan pada bahannya.

Jajanan tradisional seperti pudak sangat praktis dibawa berkeliling Gresik. Anda bisa menyantap pudak untuk mengganjal perut sebelum makan besar atau saat ingin ngemil makanan yang sehat.

Sego Karak

Sego Karak

Apabila nasi krawu cocok untuk makan siang, maka sego karak lebih cocok disantap saat sarapan. Perlu diketahui bahwa sego karak merupakan makanan tradisional Gresik yang tergolong langka namun bukan berarti tidak bisa ditemukan.

Berbeda dengan nasi krawu, sego karak menggunakan beras merah sebagai bahan utamanya. Penyajian nasi merah diperlengkap dengan parutan kelapa dan serundeng. Anda bisa menambah lauk seperti gorengan tempe, sate telur, sate usus atau kerupuk.

Pembuatan sego karak juga ada yang ditambah dengan ketan hitam. Penambahan tersebut tentu membuat tampilan nasi menjadi kehitaman sehingga lebih menarik. Satu porsi nasi karak lengkap dengan lauk tambahan dihargai 10 ribu rupiah.

Bonggolan

Bonggolan khas gresik

Beralih ke jajanan, makanan khas Gresik yang bernama bonggolan wajib masuk dalam wishlist Anda saat berkunjung ke sana. Bonggolan hampir menyerupai pempek khas Palembang karena menggunakan bahan baku berupa ikan.

Baca Juga :  7 Destinasi Wisata Gresik yang Recommended & Cocok Untuk Liburan

Jenis ikan yang digunakan seperti ikan tenggiri, ikan kakap, udang, ikan bandeng dan ikan payus. Bahan ikan tersebut kemudian dicampur dengan tepung kanji dan berbagai bumbu pelezat rasa.

Bonggolan dibentuk lonjong dan dibungkus dalam daun pisang. Penyajian makanan tradisional ini cukup digoreng sampai kering sehingga terasa lebih gurih. Rasa bonggolan sangat enak dan cocok Anda konsumsi sebagai lauk atau camilan sehari-hari.

Jajanan khas Gresik ini bisa Anda jadikan buah tangan untuk saudara maupun teman. Bonggolan dapat bertahan hingga 1 bulan asalkan disimpan dalam lemari es.

Jubung

Jubung khas gresik

Gresik memiliki jenang khas yang diberi nama jubung. Nama tersebut diambil dari kulit pohon pinang yang digunakan untuk mengemas jenang khas Gresik tersebut.

Bahan utama untuk membuat jubung adalah ketan hitam. Proses yang dilalui cukup panjang mulai dari merendam, menggiling hingga memasak selama 6 jam agar menghasilkan tekstur jubung yang terbaik.

Saat disajikan, bagian atas jubung ditaburi dengan biji wijen untuk mempercantik tampilan sekaligus menambah rasa. Harga satu buah jubung sekitar 15 ribu rupiah. Jenang khas Gresik ini juga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

Bandeng Sapit

Bandeng Sapit khas gresik

Bukan jenis ikannya tetapi cara pengolahannya yang membuat makanan khas Gresik bandeng sapit terasa istimewa. Bandeng sapit diolah dengan cara dibakar dan dilumuri berbagai bumbu rempah.

Bumbu tersebut terdiri dari kunyit, kencur, ketumbar, bawang merah, kemiri dan bawang putih. Campuran bumbu kemudian dicampur dengan santan dan dimasak hingga agak mengental. Nantinya, bumbu akan dioleskan ke seluruh permukaan bandeng sebelum dibakar.

Menariknya lagi, bandeng sapit dibakar di atas arang sehingga aromanya yang keluar semakin menggugah selera. Satu porsi bandeng sapit dihargai sekitar 15 ribu rupiah. Anda harus menyantapnya secara langsung selagi hangat sehingga tidak disarankan sebagai oleh-oleh.

Baca Juga :  Jawa Timur Park 1 dan 2, Wisata Malang Batu yang Ikonik & Terpopuler

Bandeng sapit terasa lebih lezat dimakan bersamaan dengan nasi putih pulen. Berbagai jenis sambal seperti sambal kecap, sambal matah, sambal tomat atau sambal terasi juga cocok disajikan dengan bandeng sapit.

Wedang Pokak

Wedang Pokak

Beralih ke minuman, Gresik memiliki salah satu jenis yang wajib Anda cicipi yakni wedang pokak. Bahan-bahan untuk membuat wedang pokak meliputi jahe merah, kayu manis, cengkeh, kapulaga, sereh, pandan wangi, garam, gula merah dan gula pasir.

Banyaknya rempah menjadikan rasa wedang pokak sangat khas dan aroma yang harum. Anda akan merasakan sensasi yang hangat setelah menyeruput minuman tradisional Gresik ini. Pilihan yang cocok sebagai minuman keseharian untuk menyehatkan badan.

Tampilan wedang pokak mirip seperti teh namun terlihat agak kemerahan. Pada umumnya, wedang khas Gresik ini kerap dikonsumsi selama bulan Ramadan. Namun seiring perkembangan zaman, wedang pokak dapat diminum kapanpun selagi ingin.

Lontong Manggul

Lontong Manggul gresik

Selanjutnya, makanan khas Gresik yang bernama lontong manggul patut Anda coba. Bentuknya tidak seperti lontong pada umumnya yang lonjong, jajanan tradisional Gresik ini justru dibentuk pipih dan melebar.

Bahan yang digunakan antara lain tepung beras, garam, kunyit, daun salam, kencur, ketumbar, lengkuas dan santan. Bagian atas lontong manggul ditaburi dengan bubuk kedelai dan serundeng sehingga terasa lebih gurih.

Anda bisa menyantap lontong manggul bersamaan dengan gorengan, sate-satean atau udang goreng tepung. Lontong khas Gresik ini disajikan dalam pincuk daun pisang. Lontong manggul lebih mudah ditemukan pada pagi hari di pasar tradisional maupun penjual pinggir jalan.

Apakah Anda tertarik untuk mencoba salah satunya? Jenis olahan khas Gresik memang beragam dan kaya akan cita rasa. Pilihannya pun lengkap mulai dari makanan berat, minuman segar hingga camilan yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Check Also

Soto Gerabah

7 Rekomendasi Tempat Makan Keluarga di Jogja

Tempat Makan di Jogja Ada banyak pilihan tempat makan di Jogja yang bisa Anda kunjungi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *