Aturan di Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Tempat Pemandian Air Panas Gunung Pancar Yang Terhits

Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Siapa bilang di Bogor hanya bisa menikmati kesejukan? Kota yang terkenal dengan julukan Kota Hujan ini juga menawarkan kehangatan bagi para wisatawan, yaitu lewat sebuah objek wisata bernama Pemandian Air Panas Gunung Pancar. Seperti apa sih daya tarik tempat ini? Inilah informasi selengkapnya.

Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Tiket Masuk dan Biaya Lain

Pemandian air panas ini memiliki tujuh ruangan untuk para pengunjung, dengan harga tiket per pengunjung adalah Rp5.000 saat hari biasa, Rp 7.500 saat akhir pekan, dan sekitar Rp 10.000 saat hari libur Nasional seperti Natal, tahun baru, dan lebaran.

Namun harga di atas hanya tiket masuknya saja ya, belum termasuk parkir kendaraan dan biaya masuk ke kolam pemandian. Setiap pengunjung bisa berendam di kolam pemandian selama 1 jam, dengan terlebih dulu membeli tiket lagi seharga Rp 20.000 per orang, baik orang dewasa atau pun anak-anak.

Harga tiket ini sudah termasuk fasilitas ruang ganti dan ruang bilas. Sedangkan untuk Anda yang ingin merasakan sensasi disemprot air ke titik saraf, bisa membayar sekitar Rp 50.000 per orang untuk merasakan terapi selama 15 menit.

Jika waktu berendam atau terapi sudah habis, maka setiap pengunjung harus segera meninggalkan ruangan. Jika tidak, maka akan diberikan denda. Jika ingin memperpanjang waktu, maka sebelum waktu habis bisa langsung memberitahu petugas atau datang ke meja reservasi.

Selain terapi semprot, para pengunjung juga bisa menikmati perawatan lain seperti lulur, pijat, Yaitu jasa pijat, atau masker. Semua kegiatan ini hanya dilakukan oleh karyawan terampil yang sudah berpengalaman, jadi hasilnya dijamin tidak akan mengecewakan.

Baca Juga :  4 Tempat Wisata Sumedang Paling Populer & Kekinian

Nuansa Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Lokasi pemandian ini berada di kawasan hutan, jadi jangan heran jika Anda akan sering mendengar suara kicauan burung dan serangga.

Suasana tempat ini sangat sejuk khas daerah pegunungan, dan dengan udara yang segar tanpa polusi. Kolam pemandian di sini juga dibuat di luar ruangan, jadi sejauh mata memandang, Anda akan melihat hamparan pohon-pohon lebat dan bebatuan khas pegunungan.

Jenis Kolam

Jenis Kolam Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Semua kolam pemandian di tempat ini dibuat dari bahan semen dan tidak dalam (dangkal), karena umumnya memang digunakan untuk berendam, bukan berenang. Jadi pengunjung anak-anak juga bisa berendam dengan aman.

Meski bukan kolam alami, namun air hangat di tempat ini berasal dari sumber air alami Gunung Pancar, dan dengan warna jernih sedikit kehijauan, serta bau belerangnya tidak ada menyengat. Adapun jenis-jenis kolam di tempat ini terbagi menjadi:

Kolam Umum

Tempat ini membuat kolam pemandian umum yang bisa menampung puluhan pengunjung dan kolam memberikan tembok pembatas untuk memisahkan pengunjung laki-laki dan perempuan.

Kolam Gazebo

Ada juga kolam khusus dengan dinding dan penutup seperti bentuk gazebo, yang disediakan untuk pengunjung yang ingin nuansa lebih private seperti berendam bersama anggota keluarga saja tapi yang sesama jenis. Kolam keluarga ini bisa diisi oleh sekitar 5-6 orang dengan harga tiket Rp 100.000.

Kolam Tiga Rasa

Ada juga kolam jenis lain yang terdiri dari tiga rasa dan dibuat saling berhadapan, yaitu kolam air dingin, air hangat dan air panas. Bentuk kolamnya seperti kolam renang dan sangat luas, tapi tetap dangkal, jadi bisa menampung banyak orang namun tidak bisa untuk berenang.

Baca Juga :  7 Destinasi Wisata di Garut Paling Populer dan Wajib Dikunjungi

Pengunjung yang ingin berendam di kolam tersebut harus membeli tiket seharga Rp 25.000 untuk dewasa, dan Rp 15.000 untuk pengunjung anak-anak selama penggunaan maksimal 1 jam.

Kolam Batu

Jika ingin berendam bersama 3-4 orang saja, selain memilih kolam gazebo tadi Anda juga bisa memilih kolam batu yang dibuat di dalam ruangan. Seperti namanya, dasar dan sisi-sisi kolam ini dibuat hanya dari bahan batuan alami berukuran besar dalam beraneka warna, yang kemudian direkatkan dengan semen.

Kolam pribadi yang satu ini termasuk eksklusif karena dibuat lebih bagus dan hanya digunakan oleh sedikit pengunjung, jadi kebersihannya lebih terjaga. Meski begitu jangan khawatir, karena kolam-kolam yang lain juga dikuras secara teratur kok, jadi kebersihannya sangat terjaga.

Jadi, kolam-kolam di tempat ini hanya akan diisi air saat ada pengunjung / orang yang menyewa, dan akan segera diganti setiap kali selesai digunakan. Artinya, air kolam bukanlah air bekas rendaman orang lain.

Lokasi dan Jam Operasional

Tidak seperti destinasi wisata lain yang memiliki jam operasional terbatas, Pemandian Air Panas Gunung Pancar rupanya terbuka untuk umum selama 24 jam setiap hari. Jika tertarik untuk berkunjung, alamatnya ada di Kampung Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Jika dari arah Ciawi Bogor, Kampung Karang Tengah ini berjarak sekitar 165 menit berkendara. Sedangkan untuk Anda yang datang dari Terminal Sentul, jaraknya sekitar 20 menit saja menggunakan ojek atau angkutan umum.

Aturan di Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Aturan di Pemandian Air Panas Gunung Pancar

  • Meski tersedia untuk pengunjung laki-laki dan perempuan, serta sudah diberikan sekat sebagai pembatas, tapi jika petugas menemukan ada pengunjung yang melakukan tindak asusila (meskipun pasangan suami istri sah), maka yang bersangkutan akan diberikan sanksi tegas.
  • Setiap pengunjung yang ingin berendam di dalam kolam air panas disarankan untuk membilas diri dengan air suhu normal terlebih dulu dan melakukan stretching / pemanasan sesaat.
  • Khusus pengunjung yang ingin berendam karena berniat meredakan penyakit, pihak petugas biasanya akan menyarankan untuk berendam selama maksimal 30 menit saja.
Baca Juga :  7 Tempat Wisata Bandung Lembang yang Patut Dikunjungi

Manfaat Berendam di Kolam Air Panas

Manfaat Berendam di Kolam Air Panas Gunung Pancar

Tidak hanya membuat rileks, berendam di pemandian air panas juga bisa bermanfaat bagi kesehatan seperti berikut ini:

  • Air yang terdapat di mata air panas alami mengandung berbagai macam mineral, termasuk kalsium dan natrium bikarbonat, yang bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi dan aliran oksigen di dalam tubuh secara keseluruhan.
  • Air mineral di mata air panas juga bisa membantu mengurangi stres dengan merelaksasikan otot-otot yang tegang, sehingga bisa membuat tidur lebih nyenyak.
  • Sebuah penelitian menemukan bahwa berendam air panas alami dapat membantu menghilangkan rasa nyeri dan kelelahan.
  • Kandungan silika yang tinggi pada mata air panas alami dapat menghaluskan dan melembutkan kulit kering dan kasar. Sedangkan sulfur yang terkandung di dalam air juga mengandung khasiat obat yang dapat meredakan penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis.
  • Sebuah penelitian di Jepang menunjukan hasil bahwa penderita diabetes yang berendam selama sekitar 30 menit di sumber air panas alami dapat membantu menurunkan tingkat gula darah hingga 13 persen.
  • Berendam selama sekitar 10 menit saja dapat membantu menyehatkan dan memperbaiki kondisi jantung, terutama pada pria.
  • Berendam di air bersuhu 32 – 35°C dapat membuat pori-pori kulit terbuka dan membantu tubuh dalam mengeluarkan toksin.

Mengingat sejumlah manfaat yang bisa didapat dari berendam air panas alami, Anda bisa coba datang ke Pemandian Air Panas Gunung Pancar saat sedang berada di Kota Bogor. Harga tiketnya termasuk murah dan Anda bisa mendapat suasana yang sangat memanjakan mata.

Check Also

Pantai Marina Ancol

7 Rekomendasi Pantai Terdekat & Terhits Yang Ada Di Jakarta

7 Pantai Terdekat dari Jakarta Selain terkenal dengan macet, Jakarta juga memiliki banyak sekali tempat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *